Kompas.com - 22/03/2014, 09:58 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Bermain air bersama bayi dapat dilakukan dalam dua pilihan utama, yakni bermain di kolam air dan masuk ke dalamnya atau sekedar basah-basahan di dalam ember.

Kedua pilihan tersebut tetap memberikan banyak manfaat dan orangtua bia memperkenalkan keduanya pada bayi.

Ketika bayi masuk ke dalam kolam air, manfaat yang diraih adalah menstimulasi motorik kasar dan halus. Semua anggota gerak bayi (tangan dan kaki) akan bergerak di dalam air. Selain dapat menstimulasi sensorinya, bayi dapat merasakan dingin atau hangatnya air. Demikian pula dengan indra yang lain. Pendengarannya pun akan tersimulasi mendengarkan gemericik atau cipratan air.

Orangtua tak perlu kecil hati bila hanya bisa mengajak bayinya bermain air dengan memanfaatkan ember mandinya. Supaya aktivitas bermaina ir menyenangkan, sediakan aneka gayung kecil dengan berbagai ukuran agar bayi dapat mengambil air dengan gayung kemudian ditumpahkan kembali. Aktivitas ini dapat merangsang perkembangan motorik halus dan kasar bayi melalui kegiatan mengangkat gayung.

Selain itu, bermain air juga akan menstimulasi perkembangan kognitifnya, terutama keterampilan visual-spasial. Bayi dapat mengamati ada berbagai ukuran gayung yang memiliki kemampuan menampung air yang berbeda-beda pula.

Botol-botol kecil bermulut besar dan aneka boneka plastik yang dapat mengambang di air juga bisa menjadi media bermain yang menyenangkan sekaligus menstimulasi berbagai kemampuan/keterampilan bayi, termasuk kemampuan berbahasanya. Bukankah selama bermain air, Anda pasti mengajaknya berbicara atau berdendang?

Bermain air menggunakan ember mandi sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah mampu duduk dengan baik, sekitar usia 7-8 bulan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.