Kompas.com - 24/03/2014, 15:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Memilih kosmetik yang tepat bisa membuat kita jadi agen pelestari alam. Bagaimana caranya? Aturan utama, perhatikan kandungan dan kemasannya. Selain itu, ikuti juga tip berikut dari Lauren dan Janice Cox, dalam bukunya, EcoBeauty: Scrubs, Rubs, Masks, dan Bath Bombs for You and Your Friends.

Periksa kandungan produk

Semakin sedikit kandungan kimianya, dampaknya bagi kulit dan lingkungan akan semakin baik. Untuk menjaga lingkungan dengan cara terbaik, pilih produk berbahan dasar alami, bisa dari tumbuh-tumbuhan atau mineral.

Hindari produk berkemasan ganda

Misalnya sabun cair dalam kemasan botol yang kemudian dibungkus lagi dengan kotak karton. Kemasan yang terlalu banyak sama artinya dengan menciptakan sampah. Selain itu, pastikan juga kemasan produk yang kita beli dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang.

Beli produk dalam kemasan atau ukuran besar

Tujuannya, agar kita tak cepat kehabisa dan tak usah membeli produk terlalu sering. Dengan begitu, kita bisa mengurangi jumlah sampah kemasan yang biasanya berbentuk palstik atau kaca.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Coba sebelum membeli

Mintalah sampel sebelum membeli produk, atau ketika sebuah kosmetik baru diluncurkan, biasanya tersedia sampel kecil yang bisa dicoba. Misalnya, pelembab, toner, foundation. Dengan lebih dulu mencoba sampel, kita akan bisa memastikan bahwa produk tersebut benar-benar cocok dan terpakai. Dengan begitu, kita akan terhindar dari aksi pemborosan belanja kosmetik.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.