Kompas.com - 26/03/2014, 09:52 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jika Anda ingin membakar kalori lebih banyak sambil bekerja, mungkin Anda perlu mempertimbangkan profesi lain selain bekerja di belakang meja. Mengetik di komputer ternyata cuma membakar 34 kalori per jam.

Menurut situs kesehatan CalorieLab.com, ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang bisa membuat kita membakar kalori lebih banyak, terutama pekerjaan di luar ruangan.

Seorang yang bekerja sebagai pemadam kebakaran akan membakar 748 kalori. Sementara itu, bekerja di bidang kehutanan dinyatakan sebagai pekerjaan fisik yang membakar kalori paling banyak. Pekerjaan ini bisa membakar 1088 kalori setiap 60 menit.

Orang yang bekerja sebagai terapis pijat akan membakar 204 kalori per jam. Sementara menurut CalorieLab, memetik buah akan membakar kalori 238, dan menari membakar kalori 258 kalori.

Mengemudi truk juga terbukti menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan. Pekerjaan yang membakar kalori banyak lainnya adalah menyelam. Para penyelam profesional akan menghabiskan energi dua kali lebih banyak dibanding mengemudi.

"Menyelam menggabungkan pengaturan pernafasan, gerakan tubuh, resistensi tambahan di tubuh untuk melawan arus dan beradaptasi dengan suhu air. Semua ini akan membantu membakar kalori lebih banyak," kata John Rowley, Ahli Kebugaran.

Penelitian ini membuktikan bahwa sebenarnya Anda sudah membakar sekitar 100 kalori atau kurang saat bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mengetik 34 Kalori
2. Mengatur lalu lintas 68 Kalori
3. Bekerja di bidang pertanian, mengejar sapi atau ternak lainnya 68 Kalori
4. Mengemudi 68 Kalori
5. Menjahit 68 Kalori
6. Bartending 88 Kalori
7. Membersihkan wastafel dan toilet 102 Kalori
8. Membersihkan debu 136 Kalori
9. Bertukang 170 Kalori
10. Bekerja sambil berdiri 170 Kalori
11. Memijat 204 Kalori
12. Mengajar olahraga 204 Kalori
13. Memetik buah 238 Kalori
14. Dansa 258 Kalori
15. Mengoperasikan mesin press atau perkakas lain 272 Kalori
16. Bekerja di proyek bangunan 340 Kalori
17. Beternak kuda 340 Kalori
18. Mengemudi truk 374 Kalori
19. Pemadam kebakaran 748 Kalori
20. Penyelam profesional 748 Kalori
21. Pekerja kehutanan 1088 Kalori

Meski demikian, menurut penelitian dua tahun di University of Ghent, Belgia, pekerjaan berat memang akan membantu membakar banyak kalori, tapi cukup berbahaya bagi kesehatan. Pekerjaan berat ini akan meningkatkan risiko serangan jantung.

"Berdasar hipotesis penelitian dan literatur lainnya, aktivitas fisik saat bekerja ini sebenarnya termasuk jenis kegiatan yang statis. Hal ini tidak memiliki efek samping latihan kardiovaskular seperti olahraga, melainkan hanya memiliki efek overloading pada sistem tubuh. Jika dilakukan pada waktu lama, maka ini akan berakibat buruk pada kesehatan jantung mereka," kata dr Els Clays dari University of Ghent.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Daily Mail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.