Kompas.com - 28/03/2014, 09:58 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com —
Kecanggihan perangkat komunikasi alias gadget memang semakin menarik. Tak heran jika kita semakin lekat saja pada gadget. Bahkan, setiap orang kini memiliki setidaknya dua gadget. Namun, berhati-hatilah, keasyikan bermain gadget bisa mengganggu komunikasi dengan pasangan, bahkan menurunkan kepuasan seksual.

"Terlalu asyik main gadget akan menghilangkan interaksi sosial dan fisik para pasangan. Semesra-mesranya kiriman SMS atau kalimat dalam media sosial tidak akan bisa menggantikan nada suara dan sentuhan fisik antar-pasangan," kata psikolog seksual, Zoya Amirin, saat konferensi pers peluncuran kampanye Durex #TurnOffTurnOn di fX , Jakarta Selatan, Kamis (27/3/2014).

Penelitian yang dilakukan di Oxford Internet Institute pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa kepuasan seksual dari pasangan yang menggunakan lima atau lebih saluran komunikasi elektronik 14 persen lebih rendah dibandingkan dengan pasangan yang tidak terlalu sering menggunakan gadget-nya.

Survei lain yang dilakukan oleh Lembaga Survei Digital DNX di Inggris pada tahun 2012 lalu juga memberi hasil yang mengejutkan. Para penggila gadget dan teknologi komputer ternyata sanggup melewatkan 48 jam (2 hari) tanpa berbicara dengan orang lain, termasuk pasangannya.

Bahkan, survei terbaru yang dilakukan oleh Durex di Inggris juga mengungkapkan fakta tak jauh berbeda. Keakraban dengan gadget membuat sekitar 12 persen orang masih menjawab telepon yang berdering saat mereka sedang bercinta dengan pasangannya.

Tak cuma itu, satu dari 10 orang masih membaca pesan yang masuk ke ponsel dan 5 persen responden bahkan masih sempat-sempatnya memeriksa akun Facebook-nya saat berhubungan intim.

"Fakta ini sangat memprihatinkan. Kasihan kan pasangan Anda. Seharusnya, Anda bisa membatasi penggunaan gadget, khususnya saat sedang bersama pasangan. Memakai gadget memang perlu, tapi ada baiknya juga mematikan gadget untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama pasangan karena tak bisa dimungkiri kalau hubungan intim ini juga akan membantu mengharmoniskan keluarga," ujar Zoya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.