Kompas.com - 29/03/2014, 10:05 WIB
Burberry Daily MailBurberry
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Sebelum membeli baju, Anda pasti mencobanya dulu di kamar ganti. Tujuannya untuk memastikan baju ini tampak cantik di tubuh Anda dan juga ukurannya pun pas di tubuh. Seakan tak puas dengan kaca besar yang terpampang di setiap kamar ganti, desainer Karl Lagerfeld memasang iPad di setiap kamar ganti yang ada di butiknya di kawasan London Regent Street.

Dengan adanya fasilitas ini, setiap pengunjung yang mencoba baju di ruang ganti butiknya bisa ber-"selfie" ria sebelum membelinya. Tak cuma itu, iPad ini juga terkoneksi dengan internet, sehingga pembeli yang sudah selfie dengan baju karya Karl ini bisa mengunggahnya ke akun sosial media miliknya.

"Semua hal ini dilakukan agar Anda lebih dekat lagi dengan pelanggan. Bagi mereka, membeli baju yang dicobanya adalah pikiran kedua dibanding pamer selfie yang sedang memakai baju itu. Ini konsekuensi yang harus dialami peritel busana, karena membeli baju adalah hal terakhir dalam pikiran pembeli," kata Pier Paolo Righi, Chief Executive butik Karl Lagerfeld.

Keputusan Lagerfeld menginstal iPads di kamar gantinya ini merupakan langkah digitalisasi dunia fashion. Sebelumnya digitalisasi ini juga sudah dilakukan oleh beberapa desainer lainnya. Salah satunya adalah ritel busana Burberry di Regent Park, London.

Di tokonya, Burberry memiliki sebuah cermin virtual dan busana yang dilengkapi sebuah mikrochip. Cara ini membuat para pelanggan yang lebih mudah mendapat informasi tentang baju tersebut dengan mudahnya. Teknologi ini juga memungkinkan pelanggan untuk melihat tampilan baju tersebut di atas catwalk.

Burberry Beauty Box yang baru dibuka tahun lalu nampaknya juga sudah memanfaatkan kemajuan teknologi di tokonya. Toko ini memiliki fasilitas digital runway nail bar, di mana pelanggan bisa mencoba warna cat kuku secara virtual sebelum memakainya. Teknologi ini memanfaatkan platform identifikasi frekuensi radio untuk mencocokan warna cat kuku dengan warna kulitnya.  Toko ritel busana lain yang memanfaatkan teknologi adalah Harvey Nichols, Marks & Spencer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.