Kompas.com - 01/04/2014, 11:30 WIB
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Ilmu pengasuhan anak, termasuk pengetahuan dalam merawat bayi baru lahir, juga perlu dimiliki suami. Istri membutuhkan suami yang memahami cara mengasuh anak sejak lahir, sebagai pendamping andalan dalam mengatasi berbagai tantangan menjadi orangtua baru.

Bagi pendiri komunitas Ayah ASI, Rahmat Hidayat, suami dalam keluarga baru merupakan benteng pertahanan istri ketika mengalami kesulitan menjalani peran barunya.

"Suami sebagai benteng pertahanan terakhir. Kalau istri kebingungan, kepada siapa lagi bertanya kalau bukan kepada suami," katanya dalam kelas parenting bersama New Parent Academy, di Jakarta.

Orangtua baru
Menjadi orangtua baru yang mandiri memberikan tantangan tersendiri bagi pasangan suami istri. Hanya dengan berbekal pengetahuan, orangtua tak panik saat menjalani berbagai hal baru yang mau tak mau harus dihadapi bersama.

Menurut Rahmat, penting bagi calon ayah untuk mencari berbagai pengetahuan seputar pengasuhan anak termasuk merawat bayi baru lahir. Dengan begitu, ayah mampu mendampingi ibu dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul saat anak lahir.

"Istri, setelah melahirkan, tak mungkin lagi bisa membaca berbagai informasi seputar pengasuhan. Jadi suami perlu memiliki berbagai pengetahuan itu," ujarnya.

Suami yang membekali diri dengan ilmu pengasuhan mendukung istri agar dapat menjalani perannya sebagai ibu lebih maksimal. Ayah pun mampu malakoni peran yang sama kuatnya dalam merawat dan mengasuh anak secara optimal, bukan sekadar menjadi orangtua tanpa bekal pengetahuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.