Kompas.com - 10/04/2014, 06:59 WIB
selfie Engadgetselfie
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Memotret diri sendiri atau lebih tersohor dengan istilah selfie memang mengasyikkan, apalagi bila hasilnya mendulang pujian dan kekaguman orang lain pada diri Anda. Meskipun menyenangkan, tetapi jangan lakukan terlalu sering. Pasalnya, selfie bisa membuat Anda mudah lupa alias pikun.

Sebuah studi di Fairfield University menemukan dampak negatif dari hobi selfie yang belakangan ini tengah menjadi tren di kalangan generasi muda. Penelitian yang diadakan di sebuah museum ini mengajak para responden terpilih untuk berkeliling dan menikmati rangkaian koleksi sejarah serta suasana di museum.

Seperti dikutip dari majalah Marie Claire edisi April terbitan Amerika Serikat, peneliti membagi responden menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang tergabung dalam kelompok pertama dilarang membawa gadget, dan kelompok kedua diizinkan membawa serta menggunakan gadget selama berada di museum.

Hasilnya, mereka yang tergabung dalam kelompok pertama dengan mudah menceritakan pengalaman selama berada di museum secara deskriptif. Namun, responden pada kelompok kedua ditemukan kesulitan mengisahkan pengalaman selama berjalan-jalan di museum. Selain itu, mereka juga mengaku tidak ingat warna dinding dan suasana yang terjadi di museum.

Akhirnya, peneliti pun menyimpulkan bahwa kebiasaan selfie berlebihan dapat menurunkan konsentrasi dan daya ingat seseorang sehingga berpotensi mengakibatkan pikun pada usia muda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.