Kompas.com - 14/04/2014, 09:02 WIB


KOMPAS.com --
Semua orang yang melakukan diet dan pernah berdiet pasti mengerti bahwa proses pelangsingan tubuh paling ideal adalah kombinasi olahraga dan membatasi asupan makan. Namun, pada beberapa kasus, mereka harus rela menahan rasa lapar yang menyiksa demi memperoleh lingkar pinggang nan ramping.

Sebuah temuan dari sejumlah ilmuwan Jepang akan membuat Anda yang tengah berdiet bernapas lega. Pasalnya, mereka menemukan cara alamiah yang aman dan efektif untuk menurunkan berat badan tanpa rasa lapar. Menariknya, Anda tak perlu sengaja mengurangi jumlah kalori yang akan Anda konsumsi. Sebab, nafsu makan akan berkurang dengan sendirinya. Tidak percaya? Baca terus!

Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan di Osaka University, Jepang, menemukan berbagai aroma bahan makanan dan buah-buahan yang dapat meredam rasa lapar tanpa siksaan. Salah satunya adalah jeruk bali.

Jeruk bali termasuk dalam rumpun buah yang kaya kandungan vitamin C dan likopen. Namun, hasil penelitian di Jepang menemukan khasiat lain dari jeruk kupas ini. Ternyata, aroma jeruk bali dapat menahan nafsu makan.

Nah, apabila sekarang Anda tengah menjalani program diet, disarankan untuk menghirup aroma jeruk bali dan tunggu selama 15 menit sebelum menyantap makanan. Kabarnya, Anda akan merasakan selera makan menurun secara perlahan dan hilang sama sekali.

Selanjutnya, penelitian yang dihelat oleh Smell and Taste Treatment and Research Foundation menemukan, aroma buah apel hijau dan pisang juga dapat meredakan desakan mengudap di luar waktu makan. Alasannya, kedua buah ini diteliti memiliki aroma manis yang bisa menetralkan rasa lapar. Cara alternatif lainnya, Anda bisa memanfaatkan aroma vanila dan peppermint, yang diklaim memiliki aroma serupa dengan apel hijau dan pisang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.