Kompas.com - 17/04/2014, 18:40 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf


KOMPAS.com - Dalam tradisi Paskah, telur merupakan lambang kehidupan baru yang suci dan bersih. Tak heran, jika setiap tahunnya, dalam perayaan Paskah selalu ada telur yang dihias warna-warni. Selain telur ayam rebus yang diwarnai, Paskah juga identik dengan telur yang terbuat dari cokelat.

Peringatan Paskah atau hari kebangkitan Yesus identik dengan telur. Sebab, telur melambangkan kehidupan yang baru. Dalam tradisi dunia barat, umat Kristen kerap mengaplikasikan ragam warna pada telur paskah.

Selain telur ayam rebus aneka warna, cokelat telur juga banyak diminati. Bagaimanakah cara membuat telur cokelat? Berikut panduannya!

Bahan:
300 gr dark chocolate atau milk chocolate compound (cokelat masak),
Bahan dekorasi, misalnya rice krispies, cokelat beras, atau cokelat chip, atau cokelat putih.

Alat:
Cetakan berbentuk telur (cetakan ini berbentuk dua cangkang yang terpisah)
Kuas
Sendok
Panci
Plastik segitiga atau piping bag untuk menghias.

Cara membuat:
1. Potong cokelat menjadi bagian-bagian kecil, kemudian masukkan dalam panci. Kukus cokelat sampai meleleh dan sisihkan.
2. Ambil sebelah cetakan telur, kemudian tuangkan sedikit cokelat ke dalamnya dan ratakan ke seluruh bagiannya. Ratakan dengan kuas. Pastikan agar cokelat ini hanya melapisi cetakan dan biarkan bagian tengahnya kosong.
3. Lakukan proses yang sama, untuk mencetak sisa bagian telur. Biarkan cokelat ini membeku. Lepaskan dari cetakan.
4. Untuk menyatukan kedua bagiannya, ambil sedikit cokelat leleh dengan sendok dan gunakan untuk mengelem kedua bagian telur menjadi satu. Lem di bagian pinggir telurnya. Biarkan mengering.
5. Setelah telur bulat mengering, ambil aneka hiasan yang Anda suka, agar aneka hiasan ini bisa menempel, gunakan saja cokelat leleh.
6. Masukkan cokelat cair ke dalam piping bag atau plastik segitiga, kemudian beri sedikit cairan cokelat di belakang hiasan lalu tempel ke telur. Hiaslah telur sesuai keinginan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.