Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2014, 10:06 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Tak perlu membatasi diri Anda untuk bereksperimen dengan riasan mata karena khawatir terkena berbagai masalah mata. Asal mengaplikasikan riasan dengan baik dan tepat, serta melakukan kebiasaan berikut ini, mata Anda akan tetap sehat terlindungi.

* Relaksasi mata
Aktivitas seperti bermain komputer, membaca dan menulis bisa mengakibatkan mata lelah, mata kering bahkan tingkat minus (miopi) yang makin tinggi.

Untuk membuat mata lebih rileks dan tidak mudah lelah, Anda dapat melakukan latihan mata. Latihan mata bisa berupa pijatan di area alis atau sudut luar mata. Bisa juga dengan menggerakkan mata Anda ke atas dan bawah, kiri dan kanan searah jarum jam dan kemudian berlawanan jarum jam, dalam gerakan lambat.

Latihan mata bisa bikin rileks namun tidak secara langsung mencegah mata kering. Jika mata Anda kering, gunakan tetes mata untuk melembabkan dan meringankan gejala kelelahan. Obat tetes mata yang tanpa pengawet juga berguna jika penggunannya cukup sering atau ada alergi.

* Jangan lupa berkedip
Perasaan seperti tertusuk yang tiba-tiba – banyak orang menyebutnya sebagai ‘sensasi terbakar’ – seringkali diakibatkan mata yang terlalu kering, dan udara kering di dalam kabin pesawat ketika dalam perjalanan.

Kondisi mata kering semakin diperparah dengan menonton film, bermain gadget atau bekerja dengan laptop ketika sedang terbang.

Menggunakan tetes mata bisa mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Hindari melihat layar monitor, ingatlah untuk berkedip! Lihat ke luar jendela dan berjalan atau lakukan saja gerakan pemanasan ringan, terutama jika berada dalam penerbangan panjang.

* Pakai kacamata hitam anti-UV
Menggunakan kacamata hitam anti UV ketika berada di pantai atau beraktivitas di luar ruangan adalah perlindungan terbaik bagi mata. Faktanya, paparan sinar UV dari matahari dalam jangka waktu lama menimbulkan risiko tinggi terkena katarak lebih awal, pterygia dan degenerasi makula.

Selain itu, kacamata hitam yang terpolarisasi bisa mengurangi silau dan meningkatkan kenyamanan secara signifikan. Pertimbangkan juga untuk mengenakan topi atau penutup kepala untuk menyaring sinar UV dari atas.

Kacamata juga bisa dipakai sebagai perlindungan saat sedang di pantai. Partikel asing seperti pasir bisa masuk dan terperangkap di kornea mata. Walaupun pada umumnya tidak terlalu berbahaya, tetapi hal ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Gunakan kacamata untuk mencegahnya.

Sumber: Shinagawa Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com