Kompas.com - 26/04/2014, 10:06 WIB
Pakai kacamata hitam anti-Uv untuk lindungi mata. SHINEPakai kacamata hitam anti-Uv untuk lindungi mata.
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Tak perlu membatasi diri Anda untuk bereksperimen dengan riasan mata karena khawatir terkena berbagai masalah mata. Asal mengaplikasikan riasan dengan baik dan tepat, serta melakukan kebiasaan berikut ini, mata Anda akan tetap sehat terlindungi.

* Relaksasi mata
Aktivitas seperti bermain komputer, membaca dan menulis bisa mengakibatkan mata lelah, mata kering bahkan tingkat minus (miopi) yang makin tinggi.

Untuk membuat mata lebih rileks dan tidak mudah lelah, Anda dapat melakukan latihan mata. Latihan mata bisa berupa pijatan di area alis atau sudut luar mata. Bisa juga dengan menggerakkan mata Anda ke atas dan bawah, kiri dan kanan searah jarum jam dan kemudian berlawanan jarum jam, dalam gerakan lambat.

Latihan mata bisa bikin rileks namun tidak secara langsung mencegah mata kering. Jika mata Anda kering, gunakan tetes mata untuk melembabkan dan meringankan gejala kelelahan. Obat tetes mata yang tanpa pengawet juga berguna jika penggunannya cukup sering atau ada alergi.

* Jangan lupa berkedip
Perasaan seperti tertusuk yang tiba-tiba – banyak orang menyebutnya sebagai ‘sensasi terbakar’ – seringkali diakibatkan mata yang terlalu kering, dan udara kering di dalam kabin pesawat ketika dalam perjalanan.

Kondisi mata kering semakin diperparah dengan menonton film, bermain gadget atau bekerja dengan laptop ketika sedang terbang.

Menggunakan tetes mata bisa mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Hindari melihat layar monitor, ingatlah untuk berkedip! Lihat ke luar jendela dan berjalan atau lakukan saja gerakan pemanasan ringan, terutama jika berada dalam penerbangan panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

* Pakai kacamata hitam anti-UV
Menggunakan kacamata hitam anti UV ketika berada di pantai atau beraktivitas di luar ruangan adalah perlindungan terbaik bagi mata. Faktanya, paparan sinar UV dari matahari dalam jangka waktu lama menimbulkan risiko tinggi terkena katarak lebih awal, pterygia dan degenerasi makula.

Selain itu, kacamata hitam yang terpolarisasi bisa mengurangi silau dan meningkatkan kenyamanan secara signifikan. Pertimbangkan juga untuk mengenakan topi atau penutup kepala untuk menyaring sinar UV dari atas.

Kacamata juga bisa dipakai sebagai perlindungan saat sedang di pantai. Partikel asing seperti pasir bisa masuk dan terperangkap di kornea mata. Walaupun pada umumnya tidak terlalu berbahaya, tetapi hal ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Gunakan kacamata untuk mencegahnya.

Sumber: Shinagawa Singapura

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.