Kompas.com - 29/04/2014, 09:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Apabila sekarang  Anda tengah menjalani program diet, maka jangan melewatkan sarapan. Sebab, tidak mengisi perut di pagi hari, hanya akan menambah Anda mengonsumsi lebih banyak camilan di rentang waktu menjelang makan siang. Akhirnya, diet lagi-lagi gagal!

Sebuah penelitian di Harvard Medical School, Amerika Serikat, menemukan bahwa melewatkan sarapan terbukti meningkatkan risiko kegemukan, dan membuat Anda semakin berhasrat mengonsumi makanan yang manis.

Dr Mark Pereira dan personel peneliti lainnya dari Harvard, mengumpulkan 1.198 responden berkulit hitam dan 1.633 responden berkulit putih. Sebanyak 47 persen orang kulit putih dan 22 persen orang kulit hitam diketahui rutin sarapan sebelum memulai aktivitas. Alhasil, mereka yang rajin makan pagi ditemukan memiliki bentuk tubuh yang langsing dan sehat, dibandingkan sisa responden yang malam sarapan.

Menurut Dr Mark, porsi menu sarapan tidak perlu dibatasi tapi perlu diseleksi pilihannya. Maksudnya, pada pagi hari sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, agar tidak mengganggu pencernaan. Disarankan untuk memulai hari dengan makanan yang hangat dan mengenyangkan.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa mereka yang sarapan jarang merasa kelaparan sepanjang hari sehingga terhindar dari kemungkinan makan terlalu banyak. Inilah yang membuat mereka sehat dan tidak berisiko menjadi gemuk.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.