Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliki Tubuh nan Ramping dengan Rajin Sarapan

Kompas.com - 29/04/2014, 09:10 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com – Apabila sekarang  Anda tengah menjalani program diet, maka jangan melewatkan sarapan. Sebab, tidak mengisi perut di pagi hari, hanya akan menambah Anda mengonsumsi lebih banyak camilan di rentang waktu menjelang makan siang. Akhirnya, diet lagi-lagi gagal!

Sebuah penelitian di Harvard Medical School, Amerika Serikat, menemukan bahwa melewatkan sarapan terbukti meningkatkan risiko kegemukan, dan membuat Anda semakin berhasrat mengonsumi makanan yang manis.

Dr Mark Pereira dan personel peneliti lainnya dari Harvard, mengumpulkan 1.198 responden berkulit hitam dan 1.633 responden berkulit putih. Sebanyak 47 persen orang kulit putih dan 22 persen orang kulit hitam diketahui rutin sarapan sebelum memulai aktivitas. Alhasil, mereka yang rajin makan pagi ditemukan memiliki bentuk tubuh yang langsing dan sehat, dibandingkan sisa responden yang malam sarapan.

Menurut Dr Mark, porsi menu sarapan tidak perlu dibatasi tapi perlu diseleksi pilihannya. Maksudnya, pada pagi hari sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, agar tidak mengganggu pencernaan. Disarankan untuk memulai hari dengan makanan yang hangat dan mengenyangkan.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa mereka yang sarapan jarang merasa kelaparan sepanjang hari sehingga terhindar dari kemungkinan makan terlalu banyak. Inilah yang membuat mereka sehat dan tidak berisiko menjadi gemuk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com