Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Kebiasaan Orang Makmur Setelah Pensiun Dini

Kompas.com - 30/04/2014, 14:47 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Pensiun dini mungkin menjadi cita-cita setiap pekerja. Bayangkan saja, duduk bersantai melakukan hal-hal yang disukai bersama dengan orang yang disayang pasti menyenangkan. Ide pensiun dini ini bukan tak mungkin bisa tercapai.

Agar masa pensiun dini Anda menyenangkan dan berkecukupan, ada baiknya untuk mempersiapkannya sejak awal. Tiru kebiasaan baik dari orang-orang yang sudah pensiun dini dan hidup makmur sejahtera berikut ini.

1. Mereka menabung
Jangan mentang-mentang masih muda dan bergaji banyak, Anda lantas langsung belanja sepuas-puasnya. Jangan lupa untuk menabung sebagian dari pendapatan Anda untuk bekal di masa depan. Para pensiunan dini tak pernah absen untuk menabung dan meningkatkan jumlah uang simpanan mereka. Mereka berani berusaha keras menabung demi "membeli" kebebasan mereka pada masa pensiun.

2. Mereka paham kebiasaan belanja mereka
Meski gemar menabung, bukan berarti para pensiunan dini ini tidak pernah belanja untuk dirinya. Mereka pasti juga pernah membeli berbagai barang kebutuhannya dan keluarganya. Hanya, mereka tahu dan punya pemahaman finansial yang sangat kuat untuk membatasi keinginan mereka saat belanja. Mereka tahu bagaimana cara mengontrol keinginan belanjanya dan gaya hidupnya.

3. Mereka punya rencana investasi
Angka inflasi mata uang akan sangat memengaruhi nilai mata uang Anda. Oleh karena itu, tak ada gunanya kalau Anda hanya menyimpan uang dalam celengan atau di bawah kasur. Meskipun Anda tidak terlalu ahli soal keuangan, pikirkan untuk mencoba berinvestasi. Sekarang ini, banyak bank sudah memberikan berbagai pilihan investasi yang bisa membantu Anda. Berpikirlah tentang obligasi, deposito, saham, atau reksadana.

4. Mereka optimistis
Ketika memutuskan untuk pensiun dini, hal terpenting yang harus dimiliki setiap orang adalah optimisme dan keyakinan yang tinggi untuk meninggalkan pekerjaan mereka. Para pensiunan dini bersedia untuk meninggalkan pekerjaan mereka sebelum waktunya. Sikap optimistis dan positif akan memotivasi Anda dan menciptakan kesempatan yang lebih baik untuk menjalani hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com