Kompas.com - 01/05/2014, 10:01 WIB
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com — Setelah selesai ASI eksklusif enam bulan, bayi mulai dikenalkan dengan MPASI. Supaya bayi tidak bosan sekaligus belajar mengenalkan beragam rasa, variasikan menunya.

Berikut panduannya:
* Variasi itu bisa berupa bubur saring ayam, bubur saring bayam, bubur saring ikan.
* Pada prinsipnya, bayi belum mengenal rasa enak atau tidak enak seperti selera orang dewasa. Jadi, tidak perlu menambahkan garam atau penguat rasa apa pun.
* Pilih sayuran dan bahan lainnya yang masih segar. Bila memungkinkan, bahan organik lebih baik. Sayuran segar akan membuat makanan terasa sedap.
* Jangan menyimpan bahan untuk makanan bayi terlalu banyak di lemari es karena akan berkurang kesegarannya. Kalau bisa, setiap hari bahan makanannya baru. Itu lebih baik.
* Saat ini ada alat bernama slow cooker. Alat ini sangat membantu ibu bekerja dalam mempersiapkan MPASI untuk bayinya. Masukkan semua bahan yang dibutuhkan, tak perlu ditunggu, bisa ditinggal untuk melakukan aktivitas lain. Masakan akan matang sendiri, seperti proses menanak nasi dengan rice cooker.
* ASI bisa dicampurkan untuk MPASI. Caranya, perah ASI dan siapkan bahan-bahan yang akan diolah.
* ASI stok yang telah disimpan di lemari pendingin juga bisa digunakan sebagai campuran MPASI. Gunakan ASI yang tanggal penyimpanan yang paling awal.
* Beberapa bahan yang bisa diolah bersama ASI, seperti pisang. Caranya, lumatkan, lalu campur dengan ASI, saring dengan saringan kawat.
* Untuk bahan yang harus dikukus dulu, misalnya ubi merah, brokoli, atau wortel, setelah dikukus, haluskan dengan blender. Tunggu sampai agak dingin, baru tambahkan ASI.
* MPASI ini harus sekali makan habis. Jadi, jangan mengolah terlalu banyak. Nanti kalau waktunya makan, olah lagi yang baru sehingga MPASI selalu fresh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.