Kompas.com - 02/05/2014, 06:54 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Melihat jerawat kemerahan dan “matang” di wajah, memang membuat kita merasa gemas sekaligus kesal. Tak ayal sering kali kita melakukan jalan pintas memencet jerawat, dengan alasan supaya cepat hilang dan tidak mengganggu penampilan. Padahal kebiasaan ini bisa berakibat fatal pada kulit wajah.

Menurut Jeanine, B. Downie, MD, Dermatologist dari YouBeauty di New Jersey, mengatakan bahwa jerawat yang dipencet akan semakin parah kondisinya dan bisa menyebabkan peradangan. Selain itu, memaksa jerawat pecah sebelum waktunya akan meninggalkan bekas luka pada kulit dan mengalami infeksi.

Seperti dikutip dari Huffington Post, penyebab wajah berjerawat sangat bervariasi. Namun, umumnya dipicu oleh faktor genetis, hormon, dan stres. Jerawat itu sendiri sebenarnya diproduksi oleh sebum (minyak alami pada kulit) yang tersendat di bawah permukaan kulit. Apabila sebum terkontaminasi dengan sel-sel kulit mati akan membentuk komedo, atau beraksi dengan P.acnes (bakteria yang ditemukan di folikel rambut dan memicu peradangan). Jadi, ketika jerawat dipencet, itu sama juga dengan memaksa kotoran yang tersendat di bawah permukaan kulit keluar dan menyobek kulit wajah.

Memencet jerawat dengan paksa dapat memindahkan berbagai bakteri dan kotoran di jari tangan ke wajah. Inilah yang kemudian menyebabkan infeksi. Alhasil, bagian wajah lainnya mengalami peradangan dan menimbulkan jerawat-jerawat baru, dan meninggalkan bekas jerawat lama yang menghitam.

Untuk menghilangkan jerawat di muka, jangan menerapkan teori coba-coba. Sebaiknya, Anda tangani dengan perawatan oleh ahli dermatologi secara bertahap dan berjangka. Salah satunya adalah ekstraksi jerawat atau mengeluarkan isi jerawat seperti yang biasa dilakukan saat facial. Meski terdengar sederhana dan minim komplikasi, bukan berarti Anda bisa bebas melakukannya di rumah. Pasalnya, perawatan ini membutuhkan alat khusus yang steril, agar potensi terjadinya infeksi sangat kecil.  

Maka dari itu, dibandingkan Anda bereksperimen membasmi jerawat dengan cara sendiri, sangat lebih aman apabila dilakukan di klinik-klinik kecantikan dan ditangani sendiri oleh dokter kulit yang berpengalaman. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.