Kompas.com - 03/05/2014, 18:37 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Sudah merawat wajah sedemikian rupa, tapi kenapa jerawat kecil-kecil masih juga bermunculan? Padahal, sudah susah payah memilih kosmetik dan perawatan wajah yang sesuai jenis kulit. Di mana letak kesalahannya?

Jika Anda memiliki masalah serupa, bisa jadi kendalanya bukan pada produk kosmetik dan perawatan wajah, melainkan cara membersihkan muka yang selama ini Anda terapkan bisa jadi salah!

 "Salah cara membersihkan wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat kecil yang disebut jerawat batu," kata Myra Alicia, Beauty and Fashion Coaching Sophie Paris, saat peluncuran buku kecantikan di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Kesalahan membersihkan wajah ini umumnya terjadi saat proses mencuci dengan facial foam. Biasanya, saat mencuci muka, Anda akan menuangkan cairan di telapak tangan lalu digosok hingga keluar busa dan diusapkan pada wajah. Ternyata, cara yang demikian dinilai keliru. Seharusnya saat menuangkan cairan sabun ke tangan, larutkan dulu dengan sedikit air.

"Jerawat batu ini disebabkan karena saat memakai sabun muka, Anda tidak melarutkannya dengan air," jelasnya. Cara ini membuat wajah jadi terpapar konsentrasi bahan kimia pencuci muka yang berat.

Aturan membersihkan muka yang benar kenali dulu jenis sabun cuci muka Anda. Jika berjenis pasta, cara penggunaannya adalah tuang ke dalam telapak tangan lalu teteskan sedikit air, kemudian gosok hingga mengeluarkan busa, baru usap ke wajah. Hal yang sama juga berlaku pada sabun cuci muka berjenis cairan.

"Sebenarnya bukan sabun cuci muka yang mengandung manfaat tetapi busanya. Jadi setiap kali cuci muka dengan facial foam, jangan lupa untuk meneteskan air agar larut lalu digosok hingga mengeluarkan busa, kemudian barulah Anda usapkan ke wajah hingga bersih dan bilas dengan air,” sarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.