Kompas.com - 05/05/2014, 14:51 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Orangtua yang baik adalah yang perhatian pada tumbuh kembang anak. Terutama yang berkaitan dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh si kecil. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak dan bisa berpotensi mengalami obesitas.

Secara lebih rinci, hasil penelitian membeberkan informasi bahwa bayi usia 16 bulan yang kurang tidur (10 jam sehari) mengonsumsi kalori 10 persen lebih banyak dibandingkan bayi yang tidur cukup (13 jam sehari).

 “Kesimpulannya adalah anak yang kurang tidur memicu nafsu makan berlebihan,” ucap Abi Fisher dari Health Behavior Research Centre di Universitas College London.

Penelitian ini mengamati dan menganalisa 1.303 anak-anak di Inggris. Kisaran usia responden anak terentang dari 16 bulang hingga 21 bulan. Hasil akhir menyebutkan bahwa anak yang makan lebih banyak dalam waktu berdekatan ditemukan kurang tidur.

"Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan agar hasil akhir dan fakta terkait benar-benar terbukti secara akurat. Tujuannya untuk menyadarkan para orangtua sibuk yang kerap kali menidurkan bayi atau anak batita larut malam ," kata Fisher.

Penelitian yang merupakan studi perdana yang mempelajari hubungan antara kebutuhan tidur dengan energi pada anak berusia di bawah tiga tahun ini, juga dipublikasikan pada International Journal of Obesity.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.