Kompas.com - 13/05/2014, 15:52 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Banyak wanita saat sedang berolahraga secara tidak sadar melakukan sejumlah kebiasaan yang berdampak buruk pada rona cantik kulit mereka. Apa saja? Berikut uraiannya.


Berolahraga dengan riasan wajah lengkap
Mengenakan riasan saat berolahraga menyebabkan wajah penuh jerawat. Sebab, make up yang bercampur dengan keringat di wajah akan mengendap menjadi bakteri ke dalam pori-pori kulit.

Karen Asquith, Pakar Estetika dan Direktur Nasional Pendidikan untuk GM Collin Skin Care berkata, “Pada saat berolahraga, tubuh mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat keringat. Jika Anda memakai make up,  maka semua racun tersebut dari keringat akan menempel pada kulit, ini menyebabkan iritasi dan jerawat.”

Selain itu, Karen juga menyarankan agar sebelum dan sesudah berolahraga, bersihkan wajah hingga tuntas.

Malas membersihkan matras yoga
Yoga dapat menenangkan pikiran, tetapi matras yang kotor malah akan menyebabkan Anda stres di kemudian hari. Malas membersihkan matras yoga bisa mencetuskan jerawat pada wajah. Pasalnya, sejumlah gerakan yoga mewajibkan wajah menempel ke matras.

 “Jangan menempelkan wajah pada matras kecuali matras tersebut milik Anda sendiri. Sebab, matras yoga yang kotor merupakan sarang bakteri dan kuman, yang apabila Anda menempelkan wajah diatasnya akan menyebabkan jerawat serta iritasi,” kata Dr Gary Goldfaden, Founder GOLDFADEN MD.

Senada dengan Dr Gary, Cecilia Wong, Founder dan Dermatologis di Cecilia WongSkincare New York City, menyarankan untuk membersihkan matras yoga dengan cairan pembersih yang disemprotkan atau probiotik, sebelum dan sesudah Anda menggunakannya, karena cara tersebut efektif membasmi kuman dan bakteri yang menempel pada matras.   

Malas mandi usai berolahraga
Malas mengganti kaus usai berolahraga adalah penyebab jerawat di punggung. Apabila Anda berolahraga di taman yang lokasinya tidak terlalu dekat dari rumah, maka disarankan untuk membawa kaus pengganti. Jadi, usai berolahraga Anda bisa segera mengganti kaus yang basah oleh keringat dengan kaus bersih yang kering.

Namun, jika Anda berolahraga di gym, maka segerakanlah untuk mandi. Jangan membiasakan diri beristirahat di sekitar gym hingga kaus yang penuh keringat kering di badan. “Segera mandi setelah olahraga. Apabila Anda menggunakan kamar mandi yang disediakan di gym, jangan bertelanjang kaki di ruang mandi. Jika tak ingin kaki berjamur, gunakanlah sandal. Sebab, di sana perpindahan bakteri dan kuman sangat aktif. Hati-hatilah,” ujar Dr Marina Peredo, Director Spatique Medical Spa, New York, Amerika Serikat.

Memakai sepatu yang terlalu sempit
Memakai sepatu yang terlalu ketat tak hanya membuat kaki Anda sakit dan lecet, tetapi juga dapat menyebabkan infeksi jamur kulit. Seorang dokter keluarga, Dr Paul Kinsinger, mengingatkan para pasiennya agar tidak memakai sepatu olahraga yang sempit, karena dapat menyebabkan trauma pada kuku kaki, dan menghambat sirkulasi udara ke kaki tersendat. Akhirnya, menyebabkan infeksi dan jamur pada kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber SheKnows
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.