Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2014, 17:40 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com – Ritual minum teh yang diadaptasi dari budaya negara Inggris memang menawarkan sejumlah manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Namun, hati-hati, karena ada beberapa jenis teh yang bisa menimbulkan jerawat.


1. Kandungan bahan-bahan dalam gula
Jika jenis kulit Anda cenderung sensitif, hindari mengonsumsi teh susu dan gula. Sebab, kombinasi teh yang demikian bisa menyebabkan jerawat. Kandungan susu dan gula pada teh bisa meningkatkan produksi sebum yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, seperti kita ketahui, susu  termasuk salah satu jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Nah, pencernaan yang buruk akan membuat kulit jadi tak sehat.

Solusinya, batasi konsumsi teh dengan tambahan gula dan susu. Cobalah untuk mengonsumsi teh hitam atau teh hijau yang terbukti memiliki khasiat memperbaiki tekstur kulit.

2. Kandungan kafein
Kafein memang bisa meningkatkan energi, tapi sebaliknya kafein juga akan meningkatkan adrenalin dalam darah yang menyebabkan peningkatan stres. Nah, stres tinggi bisa membuat kulit mudah berjerawat.

Solusinya, rutin mengonsumsi teh hijau decaf yang kandungan kafeinnya rendah.  

3. Kandungan gula
Kandungan gula yang tinggi dalam darah bisa merangsang pertumbuhan jerawat. Maka dari itu, jika Anda melakukan diet tinggi gula (sugar high diet), tubuh bakal memproduksi lebih banyak insulin yang  bisa meningkatkan produksi jerawat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak muda yang mengalami masalah jerawat mengalami penurunan risiko jerawat dengan beralih ke diet rendah gula.

Solusinya, kurangi jumlah gula di dalam teh yang Anda minum. Ada baiknya juga untuk mengganti gula ini dengan gula palem atau madu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com