Kompas.com - 12/06/2014, 15:41 WIB
Ilustrasi lapar ShutterstockIlustrasi lapar
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Tak cuma stres yang bikin Anda jadi lapar. Menurut penelitian terbaru, cahaya berwarna biru ternyata bisa memengaruhi nafsu makan seseorang.

Penelitian yang dilakukan di Northwestern University di Chicago, Illinois, mengatakan bahwa paparan cahaya biru sebelum dan selama waktu makan dapat memengaruhi daya santap seseorang. 

"Ternyata paparan cahaya mampu memanipulasi pola makan manusia dan daya kerja metabolisme tubuh," ujar salah satu penulis studi, Ivy Cheung.

Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian yang mempelajari 10 orang dewasa yang sehat dengan jadwal tidur yang cukup dan pola makan teratur. Selama dua hari berturut-turut, mereka diminta untuk melakukan aktivitas dalam pencahayaan ruangan yang redup.

Kemudian, pada hari ketiga, para peserta dibiarkan terekspos oleh paparan cahaya biru ketika melakukan aktivitas sehari-hari di rumah selama tiga jam, sebelum dan selama waktu makan.  Hasilnya, peserta mengaku merasakan lapar yang luar biasa ketika mereka terpapar cahaya biru, dibanding saat terpapar cahaya redup.

Alhasil, para peneliti pun merangkum bahwa warna biru atau cahaya biru mendongkrak nafsu makan hanya dalam waktu 15 menit. Parahnya, rasa lapar masih tetap bertahan selama dua jam, meskipun perut sudah terisi makanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.