Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maudy Koesnaedi Pilih Souvenir Khas Betawi untuk Oleh-Oleh Mertua

Kompas.com - 24/06/2014, 07:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS. com - Tahukah Anda bahwa Ibukota kita tercinta yang akrab disebut Betawi ini, sempat tak memiliki souvenir yang khas? Namun, berkat sebuah ajang kreatif, sekarang Jakarta punya rangkaian oleh-oleh yang ikonik dan berkesan. 

"Betawi itu kaya kesenian. Bukan hanya ondel-ondel, tanjidor dan Monas saja, tapi masih banyak sisi lain dari Betawi yang bisa dieksplor dan dijadikan inspirasi untuk dikreasikan souvenir yang beragam," kata Maudy Koesnaedi dalam acara Jakarta Souvenir Design Awards 2014 di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu ( 21/6/2014) lalu.

Sependapat dengan Maudy, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, souvenir khas Jakarta sebenarnya bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan budaya Betawi ke dunia luar.

Seiring perkembangan industri kreatif dan tumbuhnya rasa cinta terhadap budaya Betawi, kini semakin banyak orang yang ingin melestarikannya. Bahkan, komunitas yang mengeksplorasi budaya Betawi, lengkap dengan cinderamata khas, jumlahnya terus meningkat.

Sayang, banyaknya ide untuk membuat souvenir ini tidak mudah diwujudkan karena tak mendapat dukungan berarti dari pihak-pihak terkait.  Akhirnya, lagi-lagi, harapan tersebut terbentur dengan kemampuan produksi, modal, koneksi, dan lainnya.

Maudy adalah salah satu perempuan yang terlibat menjadi salah satu juri dalam kompetisi Jakarta Souvenir Design Awards 2014, ajang pembuatan souvenir khas Jakarta. Menurutnya, acara ini wadah yang baik untuk mengasah kreativitas anak muda di bidang desain dan sejarah kota.

Antusiasme peserta yang ikut dalam kompetisi ini membuatnya berpikir bahwa sebenarnya generasi muda memiliki sisi kreatif dan rasa cinta Tanah Air yang mendalam. "Tema souvenir dan sejarah yang mereka hadirkan itu seru-seru. Ternyata ada banyak ide seru dan menarik dari mereka untuk bisa dijual," katanya.

Ragam souvenir khas Betawi yang hadir di perhelatan ini pun begitu variatif dan unik,  mulai dari piring bergambar kebudayaan betawi, sabun mandi aroma rempah, sampai batik Betawi.

"Dengan semakin banyaknya souvenir khas Betawi, jadinya enggak bingung lagi untuk cari oleh-oleh. Misalnya saya, tak bingung lagi untuk beli souvenir khas dari Jakarta untuk mertua kalau nanti pulang kampung,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com