Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2014, 18:44 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Selain olahraga dan menu makan yang seimbang, Anda pasti pernah mendengar kalau minum banyak air putih bisa membantu menurunkan berat badan.

"Minum banyak itu bisa membantu Anda menurunkan berat badan," kata Hardinsyah, Pakar Gizi dan Profesor dari IPB saat acara Puasa Sehat bersama Cimory Yogurt Drink di Puncak, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Hardin mengatakan, untuk Anda yang memiliki kelebihan berat badan, disarankan untuk meningkatkan konsumsi air dingin. Tentunya ini sedikit berlawanan dengan mitos yang beredar di masyarakat, yang mengatakan bahwa dibandingkan air dingin, air hangat lebih efektif meluruhkan lemak dalam tubuh.

"Orang yang banyak lemak sebaiknya minum banyak air dingin.Hal ini bisa terjadi karena setelah minum air dingin, tubuh akan membakar lemak dalam tubuh untuk menghangatkan dan juga untuk menghasilkan energi untuk beraktivitas. Dengan minuman dingin, tubuh akan menarik energi dari dalam sehingga lemak lebih banyak terbakar," ujarnya.

Sebaliknya, ketika si gemuk lebih banyak mengonsumsi air hangat atau panas, maka lemak tidak akan dibakar karena suhu tubuh sudah tinggi. Suhu tinggi menyebabkan tubuh menarik energi dari luar, bukan dari pembakaran lemak. Akibatnya, lemak yang tidak terbakar akan menumpuk di bawah kulit dan membuat tubuh jadi lebih lebar.

"Pada dasarnya, air hangat dan air dingin itu sama baiknya. Hanya saja jangan minum air dengan suhu yang terlalu ekstrem, agar tubuh tidak kaget asupan cairan jadi terpenuhi," sarannya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com