Kompas.com - 29/06/2014, 10:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Tak ada manusia yang sempurna. Setiap orang di dunia ini terlahir dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda, positif dan negatif. Jadi, jangan pernah mengharapkan kesempurnaan dari siapa pun. Sebaliknya, ikhlaskan diri untuk menerima kebaikan dan keburukan seseorang, terutama teman.

Namun, terkadang ada beberapa sifat teman yang acap kali menguji kesabaran kita, hingga membuat jengkel bukan kepalang. Untuk lebih detail, simak beberapa sifat teman dengan kategori menyebalkan:

1. Si tukang ngaret
Rata-rata orang Indonesia memiliki kebiasaan jam karet, alias sering terlambat. Kondisi lalu lintas padat dan macet menjadi alasan yang dimaklumi, tapi kalau keseringan harus selalu menunggu, Anda pasti bosan dan kesal.  

Bagaimana menyikapi teman dengan kebiasan yang demikian? Cobalah untuk membicarakannya, seperti misalnya, "Kalau kamu terlambat terus, itu membuat saya jadi merasa dilupakan sama kamu."

 Jika tak berubah juga, cobalah berkompromi terhadap sifat buruknya ini dengan cara  memilih lokasi bertemu di tempat yang asyik untuk beraktivitas sembari menunggu kehadirannya.

2. Si pesaing
Sekalipun sudah berteman akrab, tentunya rasa iri dan sifat kompetitif  kepada teman, sesekali terbersit dalam hati serta pikiran. Situasi ini paling sering terjadi pada pertemanan antarwanita.

Misalnya, ketika Anda mendapatkan promosi di tempat kerja, alih-alih memuji dan turut bahagia dengan pencapaian Anda, si teman malah langsung menunjukkan berbagai prestasinya, tanda tak mau kalah.

"Menjadi kompetitif terhadap teman sendiri merupakan tanda ketidakamanan. Ia hanya merasa baik ketika dirinya berada dalam posisi yang lebih tinggi," kata Amy Alkon, penulis buku I See Rude People. 

3. Si narsis
Narsis tak cuma terbatas pada orang yang gemar berfoto diri sendiri saja. Kategori narsis juga mencakup sifat yang selalu ingin selalu jadi pusat perhatian. Setiap kali bertemu, fokus obrolan inginnya “wajib” terarah padanya. Orang seperti ini umumnya jarang memiliki sahabat atau teman dekat.

4. Si pesimis
Jika berusaha, tak ada hal yang mustahil di dunia. Namun, tak sedikit orang yang tidak percaya dengan teori tersebut. Bagi mereka, semua hal dalam kehidupan ini jarang yang berjalan dengan baik. Sifat yang demikian menunjukkan pesimistis yang kronis.

Anda harus hati-hati dengan teman yang cepat putus asa dan mudah menyerah. Sebab, sifat pesimistis mudah menular.

5. Si pelit
Pada lingkup sosial, ritual traktir antarteman sepergaulan merupakan hal yang lumrah. Apalagi kalau sedang dapat bonus atau hadiah. Nah, yang paling menyebalkan itu kalau punya teman yang superpelit dan perhitungan. "Masalah uang bisa membunuh persahabatan," kata Morrison.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Womans Day
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.