Kompas.com - 02/07/2014, 10:02 WIB
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Banyak orang yang merasa sudah bekerja puluhan jam di kantor, tetapi hasilnya ternyata minim, bahkan mungkin tak ada hasilnya sama sekali. Kenapa ini bisa terjadi?

Banyak penyebabnya, salah satunya adalah ketidakmampuan seseorang untuk membuat manajemen waktu  yang baik. Manajemen waktu sangat penting bagi seorang karyawan karena akan membantu menentukan prioritas, kapan harus menyelesaikan sebuah tugas, kapan bisa rehat, dan sebagainya.

Nah, bagaimana caranya agar Anda bisa mengerjakan semua pekerjaan di kantor dengan baik dan tepat waktu, sehingga di akhir pekan tak perlu memikirkan sisa pekerjaan? Berikut tipsnya:

Kuncinya: Perencanaan
Perencanaan merupakan awal sebuah proses penyelesaian tugas. Melalui perencanaan yang matang dan tepat, Anda akan memiliki semacam panduan, apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya.

Fokuslah pada tiga hal penting yang ingin Anda lakukan setiap hari, lalu segera kerjakan. Di akhir hari, tak ada salahnya Anda membuat daftar perencanaan untuk esok hari. Dengan demikian, Anda bisa fokus pada hal-hal penting yang bisa segera dikerjakan pada pagi hari, kecuali jika ada perubahan.

Fokus pada tugas  
Fokus akan membantu Anda mengenyahkan semua hal di luar tugas yang sedang Anda hadapi supaya hasilnya maksimal. Tentukan berapa lama Anda akan mengerjakan sebuah tugas, lalu mulailah fokus pada tugas tersebut. Matikan semua gadget, perangkat, atau hal-hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi (misalnya e-mail, telepon, media sosial). Setelah tugas selesai, segera lah mengambil waktu beristirahat agar kembali segar.

Review kembali aktivitas
Seringkali kita lupa, ternyata apa yang sudah dilakukan seharian jauh dari yang direncanakan, atau ternyata terlalu banyak menghabiskan waktu membuat perencanaan.

Me-review apa-apa yang telah dilakukan hari itu rasanya menjadi hal mutlak yang harus dilakukan agar Anda memiliki semacam rapor atas aktivitas kerja Anda. Hal ini sangat membantu melihat di mana dan kapan Anda menghabiskan waktu hari itu.

Tidak menunda
Rasanya, “penyakit” yang satu ini pernah dilakukan hampir semua karyawan, yaitu menunda pekerjaan. Fakta lain, kebanyakan karyawan juga memilih mengerjakan pekerjaan yang mudah lebih dulu ketimbang pekerjaan atau tugas yang berat. Padahal, ini keliru. Sebaiknya, kerjakan tugas yang  sulit lebih dulu, karena ini akan membuat Anda jadi lebih mudah mengerjakan pekerjaan berikutnya yang lebih ringan.

Pahami ritme kerja
Setiap orang memiliki ritme kerja yang berbeda. Jika Anda merasa jauh lebih produktif di pagi hari maka kerjakan tugas-tugas yang lebih berat pada pagi hari. Sementara pekerjaan atau tugas-tugas yang lebih ringan bisa dilakukan di siang atau sore hari yang tidak membutuhkan kemampuan maksimal Anda.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.