Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2014, 13:00 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Seperti kita ketahui bahwa kulit bayi lebih sensitif. Maka dari itu, Anda harus perhatikan perawatan busana bayi agar terhindar dari iritasi. Pekerjaan ini memang bukan sesuatu yang mudah, karena ada beberapa aturan yang diterapkan agar baju imut si kecil bersih dan higienis.

Anda pasti sudah tahu, saat mencuci baju bayi sebaiknya tidak menggunakan deterjen yang terlalu keras, karena  bisa menimbulkan alergi di kulit si kecil. Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan pelembut dan produk pewangi, rangkaian produk yang demikian dikhawatirkan menimbulkan reaksi alergi.

Tak mengaplikasikan pelembut dan produk pewangi pada busana bayi, menjadi dilema tersendiri bagi sejumlah ibu yang menginginkan si kecil senantias harum sepanjang hari.  

Janet Brady, Ahli Teksil dan Noda, di Philadelphia College of Textiles and Science, membeberkan beberapa cara mencuci baju bayi yang terkena noda. Satu hal yang ia tekankan adalah beda noda yang menempel di baju, maka beda juga cara penanganannya.

1. Noda protein
Noda ini termasuk noda yang disebabkan oleh tumpahan ASI, susu formula, noda makanan, dan air liur. Cara menanggulanginya adalah dengan merendam baju dalam air dingin.

Awali dengan melarutkan sedikit sabun, lalu rendam dalam air dingin selama beberapa waktu. Fungsi dari sabun lembut untuk menghilangkan noda dan "mencerna" protein. Setelah itu, Anda bisa mencuci baju seperti biasa.

2. Noda berminyak
Noda ini termasuk baby oil, krim bayi, dan petroleum jelly. Jika noda masih segar atau belum lama terpapar,  Anda bisa menaburkan tepung maizena atau bedak tabur ke atas nodanya. Diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu cuci seperti biasa. Cara ini efektif  untuk menyerap minyak.

3. Noda buah dan sayur
Untuk membersihkan noda yang berasal dari minuman jus, selai dan buah. Awali dengan membasahi baju dengan air dingin, kemudian rendam dalam campuran alkohol dan air dengan perbandingan 1:1. Untuk noda membandel, rendam  baju dalam campuran cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.