Kompas.com - 07/07/2014, 07:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf


KOMPAS.com
– Sikap dan manuver rekan kerja yang berlandaskan rasa iri, jangan Anda ambil pusing dan terlalu dipikirkan, apalagi sampai meresap ke dalam hati. Percaya saja bahwa rasa iri yang diperlihatkan oleh rekan kerja tersebut, merupakan cerminan dari kemampuan kerja dan personal yang rendah dan tak bisa diandalkan.

Sebaiknya, lindungi diri Anda dari rasa iri rekan kerja dengan tiga tip berikut ini:

Filosofi padi
Manfaatkan kemampuan intelektual Anda dengan cara yang bijak. Hindari bersikap sombong dan arogan pada rekan kerja di kantor. Aplikasikan perilaku yang demikian tanpa memandang jabatan, masa kerja, dan pencapaian.

Terlalu “narsis” pada kinerja sendiri bisa memicu rasa iri dan cemburu dari pihak lain yang kurang mampu mengatasi persaingan secara profesional. Maka dari itu, biarkan prestasi kerja dan keunggulan Anda nan kemilau diketahui oleh atasan saja. Selebihnya, biarkan waktu yang membuktikan.

Filosofi padi yang mengatakan, semakin berisi semakin menunduk, merupakan cara terbaik dalam menjaga hubungan dan komunikasi dengan rekan kerja di kantor. Terlalu sering meninggikan diri demi mendapatkan pujian, hanya menunjukkan betapa dangkalnya Anda.

Prestasi bukan informasi umum
Tidak semua orang mampu menanggapi kesuksesan orang lain dengan hati yang lapang dan ikhlas. Maka dari itu, hati-hatilah dalam berbicara. Jangan terlalu mengumbar prestasi dan pujian yang Anda peroleh dari atasan kepada seluruh rekan kerja. Sikap yang demikian hanya akan membuat Anda menjadi target rasa cemburu dan bahan gunjingan.

Jangan pamer kehidupan pribadi
Baiklah, Anda terlahir dari keluarga sejahtera dan bahagia. Ingin liburan, tinggal pesan tiket dan hotel. Ingin belanja, tinggal melangkah ke mal. Tidak ada yang mesti terlalu dipusingkan. Namun, tidak semua orang terlahir dengan kondisi serta latar belakang serupa dengan Anda. Oleh karena itu, jangan sok pamer dan mengumbar-umbar kehidupan pribadi, terutama yang berkaitan dengan relasi dan materi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.