Kompas.com - 07/07/2014, 10:38 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Percayakah Anda, dengan jumlah sekitar 34,8 juta pengguna internet di Indonesia, ada begitu banyak kesempatan pula bagi orang-orang di negeri ini untuk menghasilkan miliaran rupiah secara online?

Seperti yang dialami Adryan Fitra, internet marketer Indonesia pertama yang berhasil menghasilkan Rp 1 miliar melalui Google Adsense. Juga Rakean Gagah, internet marketer sukses dari Indonesia yang mendirikan Rakean.co.id, perusahaan edukasi bisnis online  dengan penghasilan rata-rata Rp 3,6 miliar per tahun.

Dalam acara Sesi Cerdas Seminar ke-3 berjudul "Internet Marketing: Decoded" yang diselenggarakan Indonesia Freelancers Association (IFA) bersama Freelancer.com dan Warrior Forum, serta didukung oleh StartupBisnis.com, portal berita yang mengedukasi tentang ekosistem startup di Indonesia, entrepreneurship, dan bisnis online, kedua internet marketer ini pun berbagi kisah suksesnya.

Sesi Cerdas Seminar ini kembali dihadirkan di tahun ini sebagai misi berkelanjutan untuk mengedukasi serta mendorong para freelancer, startup, dan profesional independen yang sedang bertumbuh pesat di Indonesia.

Dalam seminar ini, selain Adryan dan Rakean, Founder StartupBisnis.com, Rhein Mahatma, terlebih dulu memaparkan, "Dengan menggunakan alat ukur “tracking ” dan analisa, Anda dapat menguji tingkat konversi dengan biaya yang lebih hemat dibandingkan menggunakan kampanye media tradisional.“

Jika strategi marketing  yang dilakukan ternyata tidak menghasilkan return on investment (ROI) yang diinginkan, lanjut Rhein, Anda dapat menyempurnakannya tanpa perlu meluncurkan kampanye baru yang berbiaya mahal, seperti yang biasanya diperlukan dari media outlet tradisional.

“Sebuah strategi dari internet marketing yang sukses, akan memberi Anda cara yang terukur untuk menargetkan siapa saja pasar Anda, serta memposisikan bisnis Anda. Ini hanyalah salah satu dari level awal dari proses penjualan, tapi ini sangat vital bagi kesuksesan bisnis terutama bisnis online, serta dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak uang dari yang bisa dibayangkan, yang dihasilkan secara online,” kata Adryan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rakean menambahkan, “Berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang internet marketer  profesional dan founder dari perusahaan edukasi bisnis online milik saya, sangat lah vital untuk membantu para entrepreneur serta profesional dalam memahami konsep-konsep dasar blogging dan marketing online, seperti Riset Niche-Keywords dan SEO (search engine optimization) untuk menjalankan bisnis online secara efektif.”

(Tabloid Nova/Intan Y. Septiani)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.