Kompas.com - 25/07/2014, 08:00 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf


KOMPAS.com
- Indonesia sedang mempersiapkan diri menjadi kiblat mode busana muslim di dunia.

Pada acara kumpul media yang bertema "Ragam Kreasi & Gaya Busana Muslim di Indonesia" di MDL restoran, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Taruna K. Kusmayadi selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), menyampaikan impian para desainer Indonesia yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Pusat Mode dunia untuk busana muslim tahun 2020.

Hal serupa juga diucapkan oleh Dina Midiani, Direktur Indonesia Fashion Week, bahwa Indonesia sedang memantapkan diri untuk tahun 2018 sebagai pusat busana muslim se-Asia, dan tahun 2020 se-dunia. Tentunya, agenda ini disambut baik oleh 4 kementerian Indonesia yang terdiri dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif, luar negeri, perdagangan, dan pendidikan.

Dina menambahkan bahwa penetapan Indonesia sebagai pusat busana muslim bukan angan-angan semata. Indonesia dinilai memiliki potensi yang sangat besar, karena jumlah penduduk Indonesia terbanyak ke-4 di dunia, dengan mayoritas penduduk islam terbanyak di dunia.

"Bukan saja sebagai negara yang menjual banyak busana muslim, tetapi Indonesia harus memantapkan diri menjadi pusat tren baju-baju muslim". ujar Dina.

Tiga hal yang akan menjadi pilar Indonesia sebagai pusat mode busana muslim adalah sebagai inspirasi mode global, penentu standar kualitas mode secara global, dan rumah produksi fashion.

Taruna menambahkan bahwa dengan memajukan industri mode, maka secara tidak langsung memajukan kaum perempuan yang notabene merupakan pelaku pasar terbesar (90 persen) di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.