Kompas.com - 27/07/2014, 13:47 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

 

KOMPAS.com – Saat ditinggal pembantu rumah tangga (PRT) mudik Lebaran, Anda tak perlu mengeluh dan bersusah hati. Berikut kami uraikan tips mudah mencuci piring, gelas, dan peralatan memasak yang kotor. Selamat menyimak!

1. Rendam dengan air panas
Sebelum dicuci dan dibilas dengan air, rendamlah piring kotor dengan air panas untuk memudahkan mengangkat minyak dan lemak yang menempel.

2. Pisahkan sesuai jenis perabotan
Pisahkanlah jenis perabotan sesuai jenisnya, gelas dengan gelas, piring dengan piring. Hal ini akan mempermudah proses mencuci. Mulailah mencuci dari yang tidak terlalu kotor seperti gelas, lalu ke piring, lalu ke panci perabotan bekas memasak hidangan Lebaran yang sarat bekas santan dan lemak.

3. Mencuci dengan bantuan bahan alami
Gantilah abu gosok dengan campuran garam kasar dan lemon untuk menggosok bagian piring dan gelas yang berkerak, atau peralatan memasak yang tertempel gosong. 

4. Bilas dengan air mengalir
Membilas adalah proses terpenting dalam mencuci piring. Usahakan membilas dengan air mengalir. Jika tidak memungkinkan, siapkan 3 baskom air bersih untuk proses membilas cucian piring agar benar-benar bersih.

5. Keringkan
Anda dapat mengeringkan cucian piring secara alami, yakni didiamkan atau dilap dengan lap kering. Cara mengeringkan secara alami ini lebih dianjurkan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.