Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2014, 13:47 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com – Saat ditinggal pembantu rumah tangga (PRT) mudik Lebaran, Anda tak perlu mengeluh dan bersusah hati. Berikut kami uraikan tips mudah mencuci piring, gelas, dan peralatan memasak yang kotor. Selamat menyimak!

1. Rendam dengan air panas
Sebelum dicuci dan dibilas dengan air, rendamlah piring kotor dengan air panas untuk memudahkan mengangkat minyak dan lemak yang menempel.

2. Pisahkan sesuai jenis perabotan
Pisahkanlah jenis perabotan sesuai jenisnya, gelas dengan gelas, piring dengan piring. Hal ini akan mempermudah proses mencuci. Mulailah mencuci dari yang tidak terlalu kotor seperti gelas, lalu ke piring, lalu ke panci perabotan bekas memasak hidangan Lebaran yang sarat bekas santan dan lemak.

3. Mencuci dengan bantuan bahan alami
Gantilah abu gosok dengan campuran garam kasar dan lemon untuk menggosok bagian piring dan gelas yang berkerak, atau peralatan memasak yang tertempel gosong. 

4. Bilas dengan air mengalir
Membilas adalah proses terpenting dalam mencuci piring. Usahakan membilas dengan air mengalir. Jika tidak memungkinkan, siapkan 3 baskom air bersih untuk proses membilas cucian piring agar benar-benar bersih.

5. Keringkan
Anda dapat mengeringkan cucian piring secara alami, yakni didiamkan atau dilap dengan lap kering. Cara mengeringkan secara alami ini lebih dianjurkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com