Kompas.com - 12/08/2014, 14:59 WIB
Salah satu seri foto karya Raj yang menimbulkan kontroversi COSMOPOLITAN UKSalah satu seri foto karya Raj yang menimbulkan kontroversi
|
EditorSyafrina Syaaf


KOMPAS.com
— Pada tahun 2012 lalu, tersiar kabar yang ramai diberitakan mengenai mahasiswi 23 tahun diperkosa beramai-beramai di dalam bus di New Delhi, India. Peristiwa ini menyebabkan sang korban mengalami gagal organ dan berakhir tewas.

Insiden naas yang mengejutkan tersebut tak ayal membuat pemerintahan India menuai banyak ragam hujatan dan protes keras dari sebagian besar kaum hawa di dunia.  

Nah, beberapa waktu lalu, seorang fotografer bernama Raj Shetye, asal Mumbai, India, entah sengaja atau tidak, merilis beberapa foto mode yang seolah menghidupkan kembali tragedi pemerkosaan memilukan tersebut.

Dengan tajuk The Wrong Turn, Raj menampilkan satu model wanita dan tiga model pria yang berada dalam sebuah bus. Dalam beberapa seri foto, jelas terlihat model wanita berpose seakan-akan sedang melindungi diri dari serangan fisik para model pria.  

Melihat latar, lokasi, dan pose yang ditonjolkan, tak aneh jika publik berasumsi bahwa foto-foto Raj terinspirasi dari peristiwa pemerkosaan dua tahun lalu tersebut. Namun, Raj menyanggahnya.

“Saya adalah bagian dari masyarakat, kejadian tersebut sangat menyedihkan hati saya,” ujarnya pada Buzzfeed. “Saya hidup dengan dinamika kehidupan di mana ibu, adik perempuan, dan kekasih saya berada di luar sana. Hal seperti ini bisa saja terjadi pada mereka. Sebagai fotografer, foto adalah medium saya untuk berkomunikasi. Ini adalah seni. Layaknya film, menulis artikel, puisi, lagu, dan sebagainya,” imbuhnya.

COSMOPOLITAN UK Salah satu seri foto karya Raj yang menuai kontroversi

Respons dari masyarakat yang melihat seri karya seni Raj ini cenderung negatif dan emosional. Raj dinilai seperti sama sekali tidak memiliki empati terhadap keluarga korban yang kemungkinan besar masih berduka hingga waktu sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana menurut Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.