Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Anak Kembar Tumbuh Mandiri tanpa “Bayang-bayang” Satu Sama Lain

Kompas.com - 20/08/2014, 08:30 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Membesarkan anak kembar tentu lebih merepotkan. Kita sebagai orangtua perlu mengasuh masing-masing anak agar anak kembar tumbuh menjadi individu yang utuh tanpa bayang-bayang saudara kembarnya.

Berikut ini adalah cara agar anak kembar tumbuh menjadi individu yang utuh tanpa bayang-bayang saudara kembarnya seperti yang ditulis di dalam buku The Big Book of Parenting Solutions: 101 Answers to Your Everyday Challenges and Wildest Worries.

1. Penampilan yang berbeda
Anak kembar yang sama jenis kelaminnya sering terlihat sangat mirip, tetapi selalu keliru karenanya dapat menyebabkan kebencian di antara mereka. Cari cara untuk membuat mereka terlihat sedikit berbeda satu dengan yang lain agar orang lain, dan kita sebagai orangtua, dapat mudah membedakan mereka. Kita mungkin bisa membedakan model potongan rambut, model sepatu, atau warna ransel mereka.

2. Waktu berdua dengan orangtua
Cari cara untuk menghabiskan waktu “berdua saja” dengan setiap anak, walaupun tidak lebih dari beberapa menit saja. Misalnya, beberapa menit sebelum tidur mendengarkan doa masing-masing anak, luangkan sedikit waktu setelah makan untuk saling bercerita tentang kegiatan dalam sehari, atau nonton film berdua.

3. Berkegiatan tanpa kembarannya
Anak-anak kembar menghabiskan begitu banyak waktu bersama-sama, akibatnya dapat menimbulkan perpecahan di antara mereka. Oleh karena itu, kita sebagai orangtua perlu mencari cara agar mereka punya waktu untuk berkegiatan dengan orang lain, entah dengan neneknya, temannya, atau saudara yang lain.

4. Berikan kegiatan yang berbeda untuk mereka
Kita sebagai orangtua kerap mengatur kegiatan yang sama untuk anak kembar kita. Hal ini sebaiknya dihindari karena justru membuat mereka bersaing satu sama lain. Lebih baik dorong mereka untuk mencoba sedikitnya melakukan satu kegiatan yang berbeda.

Nah, itu tadi beberapa cara agar anak kembar tumbuh menjadi individu yang utuh tanpa bayang-bayang saudara kembarnya. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com