Kompas.com - 20/08/2014, 08:30 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Membesarkan anak kembar tentu lebih merepotkan. Kita sebagai orangtua perlu mengasuh masing-masing anak agar anak kembar tumbuh menjadi individu yang utuh tanpa bayang-bayang saudara kembarnya.

Berikut ini adalah cara agar anak kembar tumbuh menjadi individu yang utuh tanpa bayang-bayang saudara kembarnya seperti yang ditulis di dalam buku The Big Book of Parenting Solutions: 101 Answers to Your Everyday Challenges and Wildest Worries.

1. Penampilan yang berbeda
Anak kembar yang sama jenis kelaminnya sering terlihat sangat mirip, tetapi selalu keliru karenanya dapat menyebabkan kebencian di antara mereka. Cari cara untuk membuat mereka terlihat sedikit berbeda satu dengan yang lain agar orang lain, dan kita sebagai orangtua, dapat mudah membedakan mereka. Kita mungkin bisa membedakan model potongan rambut, model sepatu, atau warna ransel mereka.

2. Waktu berdua dengan orangtua
Cari cara untuk menghabiskan waktu “berdua saja” dengan setiap anak, walaupun tidak lebih dari beberapa menit saja. Misalnya, beberapa menit sebelum tidur mendengarkan doa masing-masing anak, luangkan sedikit waktu setelah makan untuk saling bercerita tentang kegiatan dalam sehari, atau nonton film berdua.

3. Berkegiatan tanpa kembarannya
Anak-anak kembar menghabiskan begitu banyak waktu bersama-sama, akibatnya dapat menimbulkan perpecahan di antara mereka. Oleh karena itu, kita sebagai orangtua perlu mencari cara agar mereka punya waktu untuk berkegiatan dengan orang lain, entah dengan neneknya, temannya, atau saudara yang lain.

4. Berikan kegiatan yang berbeda untuk mereka
Kita sebagai orangtua kerap mengatur kegiatan yang sama untuk anak kembar kita. Hal ini sebaiknya dihindari karena justru membuat mereka bersaing satu sama lain. Lebih baik dorong mereka untuk mencoba sedikitnya melakukan satu kegiatan yang berbeda.

Nah, itu tadi beberapa cara agar anak kembar tumbuh menjadi individu yang utuh tanpa bayang-bayang saudara kembarnya. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.