Kompas.com - 22/08/2014, 17:26 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com
— Memilih parfum untuk dikenakan sehari-hari bukanlah persoalan yang mudah. Sebab, aroma wewangian yang kita kenakan mencerminkan karakter diri masing-masing.

"Setiap orang punya kesukaan yang berbeda-beda terhadap aroma tertentu. Ada yang lebih suka aroma floral dan ada juga yang suka aroma fruity yang segar," kata Ramon Brentan, Regional Account Manager International Flavors & Fragrances (IFF) Singapura, saat peluncuran Molto Gold and Black di Luna Negra, Kamis (21/8/2014) lalu.

Namun, yang jadi masalah, sering kali Anda salah pilih aroma parfum saat membeli. Ramon mengatakan, banyak orang yang kecewa saat membeli parfum karena aromanya yang mengecewakan.

"Pasti sering, tes aroma dengan semprot di kulit lalu dicium dan baunya enak. Namun, ketika dipakai lagi di rumah, baunya berubah dan Anda tak suka," ujarnya.

Hal ini biasa terjadi karena aroma awal yang tercium adalah aroma top notes (lapisan wangi paling awal yang akan tercium ketika disemprot). Seperti diketahui, dalam peracikan parfum dikenal tiga lapisan wangi yang berbeda, yaitu top notes, middle notes, dan base notes. Sedangkan aroma yang lebih lama tercium dan menempel di tubuh adalah aroma yang menjadi perpaduan dari top, middle, dan base notes.

Agar tak salah pilih wangi parfum, Ramon menyarankan untuk tak terburu-buru mengambil keputusan saat akan membeli. "Semprotkan dulu wangi parfumnya ke kulit. Kemudian, diamkan dulu selama 15 menit sampai dua jam-an. Setelah itu cium lagi aromanya. Beberapa lama kemudian, ketiga lapisan ini akan tercampur dan menjadi wangi 'aslinya'," saran Ramon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.