Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Anda Pria Narsis? Temukan Jawabannya di Sini

Kompas.com - 09/10/2014, 18:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –
Pria narsis memiliki prinsip hidup, “Saya, Saya, dan Saya”, bagi mereka dunia ini adalah pentas utama dengan dia sebagai pusat atensi setiap orang. Menyedihkan? Tentu saja. Hal lain yang lebih tragis adalah saat belakangan mengetahui kekasih yang kita cintai ternyata mengidap sindrom yang dalam ilmu psikologi disebut dengan istilah narsistic personality disorder ini.

Nah, untuk mendeteksi apakah kekasih Anda adalah orang yang memiliki sifat narsis, berikut ciri-ciri umum yang bisa Anda kenali.

1. Aku Penting!
Orang-orang yang memiliki sifat narsis percaya bahwa mereka lebih baik dari orang lain. Menjalani hubungan dengan tipe pria ini tentunya sulit dan menyesakkan. Namun sifat pria narsis ini justru ampuh memotivasi mereka untuk lebih sukses dari orang lain.

2. Kurang Punya Sifat Empati. Sifat ini masih terkait dengan ciri-ciri sebelumnya. Tentu saja, sebab pria narsis cenderung mementingkan dirinya sendiri di atas orang lain, sehingga minim sifat empati. Sebaliknya, saat dirinya yang tengah menghadapi kesulitan, dia menginginkan semua orang turun tangan untuk membantu. Namun, jangan harapkan dia akan melakukan hal serupa untuk Anda.

3. Tidak mau disalahkan.  Mereka lebih suka menyalahkan orang lain dan menyembunyikan tangan mereka yang “kotor”. Meskipun Anda tidak melakukan hal yang salah, Anda akan dibuat merasa Anda berada di sisi yang salah.

4. Hidup dalam fantasi. Pria narsis memasang ekspektasi yang tak realistis terhadap orang lain. Jika Anda memenuhi ekspektasinya, maka dia akan memasang ekspektasi yang lebih tinggi. Dunia yang dihuni oleh orang-orang bersifat narsis adalah dunia yang tidak nyata dan tentu saja tidak dapat diraih.

5. Aturan selalu berbeda untuknya.
Pria narsis tidak dapat melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Hasilnya, orang-orang ini akan berlaku sesuka hatinya dan tidak memiliki penyesalan atau rasa kasihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com