Kompas.com - 09/10/2014, 18:34 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Pria narsis memiliki prinsip hidup, “Saya, Saya, dan Saya”, bagi mereka dunia ini adalah pentas utama dengan dia sebagai pusat atensi setiap orang. Menyedihkan? Tentu saja. Hal lain yang lebih tragis adalah saat belakangan mengetahui kekasih yang kita cintai ternyata mengidap sindrom yang dalam ilmu psikologi disebut dengan istilah narsistic personality disorder ini.

Nah, untuk mendeteksi apakah kekasih Anda adalah orang yang memiliki sifat narsis, berikut ciri-ciri umum yang bisa Anda kenali.

1. Aku Penting!
Orang-orang yang memiliki sifat narsis percaya bahwa mereka lebih baik dari orang lain. Menjalani hubungan dengan tipe pria ini tentunya sulit dan menyesakkan. Namun sifat pria narsis ini justru ampuh memotivasi mereka untuk lebih sukses dari orang lain.

2. Kurang Punya Sifat Empati. Sifat ini masih terkait dengan ciri-ciri sebelumnya. Tentu saja, sebab pria narsis cenderung mementingkan dirinya sendiri di atas orang lain, sehingga minim sifat empati. Sebaliknya, saat dirinya yang tengah menghadapi kesulitan, dia menginginkan semua orang turun tangan untuk membantu. Namun, jangan harapkan dia akan melakukan hal serupa untuk Anda.

3. Tidak mau disalahkan.  Mereka lebih suka menyalahkan orang lain dan menyembunyikan tangan mereka yang “kotor”. Meskipun Anda tidak melakukan hal yang salah, Anda akan dibuat merasa Anda berada di sisi yang salah.

4. Hidup dalam fantasi. Pria narsis memasang ekspektasi yang tak realistis terhadap orang lain. Jika Anda memenuhi ekspektasinya, maka dia akan memasang ekspektasi yang lebih tinggi. Dunia yang dihuni oleh orang-orang bersifat narsis adalah dunia yang tidak nyata dan tentu saja tidak dapat diraih.

5. Aturan selalu berbeda untuknya.
Pria narsis tidak dapat melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Hasilnya, orang-orang ini akan berlaku sesuka hatinya dan tidak memiliki penyesalan atau rasa kasihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.