Kompas.com - 20/10/2014, 20:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Saat sedang berdiet, tentunya ada keinginan di hati kecil yang berharap agar program ini sukses dan berat badan turun sesuai impian. Obsesi yang demikian, tak heran membuat sejumlah orang begitu rajin dalam menimbang berat badannya setiap hari. Sebab, dahulu ada penelitian yang mengatakan bahwa menimbang berat badan setiap hari bisa bantu turunkan berat badan lebih cepat.

Untuk menguak kebenaran dari teori tersebut, sebuah penelitian pun dihelat dan melibatkan 183 orang obesitas yang dibagi dalam dua kelompok. Pada kelompok pertama diwajibkan untuk menimbang berat badan setiap hari. Lalu, kelompok kedua diminta untuk tidak menimbang berat badan. Hasilnya, progres penurunan berat badan pada kedua kelompok, tidak ada perbedaaan signifikan.

Singkatnya, penemuan ini mematahkan teori yang mengatakan bahwa menimbang setiap hari membuat program diet lebih sukses.

“Timbangan berat badan bisa menjadi jebakan atau alat pendukung,” ujar Susan Albers, Psikolog, sekaligus penulis Cleaveland Clinic. Untuk mereka yang diet dan progresnya lambat, maka timbangan bisa menjadi momok yang dapat membuat patah semangat. Namun, bagi mereka dengan progres diet signifikan, timbangan menjadi pendongkrak semangat.

Albers menyimpulkan bahwa timbangan berat badan bisa menjadi pisau bermata dua bagi mereka yang tengah berdiet. Jadi, sebelum memutuskan untuk menimbang berat badan, pastikan dulu Anda siap melihat hasilnya. Sebab, di mana jarum penunjuk berhenti akan mempengaruhi suasana hati Anda.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.