Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria, Ini Cara Cukur Kumis dan Jenggot yang Tepat

Kompas.com - 23/11/2014, 12:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -- Bagi pria, mencukur jenggot dan kumis adalah aktivitas mutlak yang harus dilakukan secara berkala. Namun tak jarang, aktivitas mencukur rambut-rambut yang tumbuh dibagian pipi dan dagu ini jika dilakukan dengan cara yang tak tepat, dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan lebih parah lagi infeksi di wajah.

Dalam acara jumpa media Gillette Mach3 di Atrium Cilandak Town Square, Jumat (21/11/2014) kemarin.  Seorang stylist, Firman, yang telah menjalani profesinya selama 14 tahun, berbagi tip cara mencukur yang tepat.

"Pria zaman sekarang lebih peduli dengan tren. Bukan hanya tren pakaian, tetapi juga tren rambut dan jenggot. Sekarang, banyak pria yang pergi ke salon minimal satu atau dua minggu sekali untuk minta dirapihkan kumis dan jenggotnya," jelasnya.

Kemudian, Firman membagikan cara mencukur kumis yang tepat kepada seluruh pewarta dan pengunjung mal. Dia menjelaskan, ada baiknya sebelum mencukur, pria mencuci wajah atau mengompres bagian yang ingin dicukur dengan air hangat, untuk melembutkan rambut, menghilangkan kulit mati dan minyak pada wajah. Setelah itu, gunakan before shaving yang biasanya berbentuk foam.

Firman menjelaskan, sekarang mulai banyak bermunculan before shaving yang berbentuk gel. Dia menyarankan para pria untuk mencoba before shaving berbentuk gel, karena lebih nyaman dan dingin saat diaplikasikan. Aktivitas dilanjutkan dengan mencukur jenggot dan kumis.

"Mencukur dimulai dari leher dengan arah bawah ke atas, kemudian dilanjutkan dengan rambut-rambut halus yang tumbuh di pipi, dan rambut di daerah bibir." Jelasnya. Setelah bercukur, para pria dapat menggunakan after shaving untuk kenyamanan. 

Firman juga mengatakan bahwa sebaiknya pria jangan menggosok atau mengelap pisau cukur setelah digunakan. Pisau cukur cukup di siram dengan air saja. Sebab, jika digosok, malah membuat pisau cukur menjadi tumpul," ujarnya.  

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, umumnya pisau cukur bisa digunakan untuk 20 kali pemakaian. Ada baiknya pisau cukur dipakai untuk pribadi dan tak bergantian, supaya  tetap awet sekaligus terjaga keamanan demi kesehatan Anda.

Untuk pria yang memiliki jenggot atau kumis tebal, Firman juga memberikan tip. "Jenggot, kumis orang Indonesia itu termasuk mudah dicukur. Saya punya pelanggan orang Arab atau India yang rambutnya itu tebal sekali, seperti mencukur bulu karpet," jelasnya sambil berkelakar. Untuk menangani kumis dan jenggot yang tebal, Firman menganjurkan untuk memotongnya dulu dengan gunting, kemudian baru mencukur dengan cara yang ia sebutkan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com