Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2014, 17:38 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Acap kali jerawat datang tanpa pertanda, sehingga membuat sejumlah wanita gemas dan melakukan cara instan untuk menghilangkannya, yaitu dengan cara dipencet.

Namun, hati-hati, menurut Dr Mehmet Oz atau populer dikenal dengan nama Dr Oz mengatakan bahwa langkah tersebut salah dan bisa meninggalkan bekas pada wajah Anda.

Saat hadir dalam tayangan televisi Oprah Winfrey, Dr Oz berbagi cara untuk memecahkan jerawat dengan benar, tanpa perlu merasakan sakit seperti perawatan facial.

Dr Oz menyarankan dengan cara menusukan jarum steril searah paralel ke jerawat yang telah matang, kemudian menarik jarum tersebut ke atas, sehingga menyobek lapisan kulit atas dan menekan “isi” jerawat yang telah sobek tersebut. Perlu diingatkan bahwa cara ini memerlukan peralatan dan dan jari tangan yang sudah steril serta bebas kuman.

Dokter Oz sendiri mengatakan, metode ini tak menimbulkan rasa sakit, karena bagian yang ditusuk adalah kulit mati. Lebih lanjut, dia  mengingatkan untuk hanya menusuk daerah bewarna putih pada jerawat.

"Jangan pernah memencet jerawat, karena Anda membuatnya bertambah parah. Sebab, saat jerawat dipencet Anda menghancurkan seluruh lapisan kulit yang sehat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com