Kompas.com - 14/12/2014, 17:38 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Acap kali jerawat datang tanpa pertanda, sehingga membuat sejumlah wanita gemas dan melakukan cara instan untuk menghilangkannya, yaitu dengan cara dipencet.

Namun, hati-hati, menurut Dr Mehmet Oz atau populer dikenal dengan nama Dr Oz mengatakan bahwa langkah tersebut salah dan bisa meninggalkan bekas pada wajah Anda.

Saat hadir dalam tayangan televisi Oprah Winfrey, Dr Oz berbagi cara untuk memecahkan jerawat dengan benar, tanpa perlu merasakan sakit seperti perawatan facial.

Dr Oz menyarankan dengan cara menusukan jarum steril searah paralel ke jerawat yang telah matang, kemudian menarik jarum tersebut ke atas, sehingga menyobek lapisan kulit atas dan menekan “isi” jerawat yang telah sobek tersebut. Perlu diingatkan bahwa cara ini memerlukan peralatan dan dan jari tangan yang sudah steril serta bebas kuman.

Dokter Oz sendiri mengatakan, metode ini tak menimbulkan rasa sakit, karena bagian yang ditusuk adalah kulit mati. Lebih lanjut, dia  mengingatkan untuk hanya menusuk daerah bewarna putih pada jerawat.

"Jangan pernah memencet jerawat, karena Anda membuatnya bertambah parah. Sebab, saat jerawat dipencet Anda menghancurkan seluruh lapisan kulit yang sehat," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.