Kompas.com - 14/12/2014, 23:30 WIB
Ilustrasi TUMBLRIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Ada dua tipe orang di dunia, yakni orang yang dapat dengan mudah bangun di pagi hari dan orang yang sulit tidur. Sayangnya, bagi orang yang sulit tidur dan akhirnya sering terjaga di malam hari, lebih banyak alami kerugian. Berikut uraiannya.

Penelitian terbaru, baru saja menambahkan kerugian dari orang yang sulit tidur di malam hari dan sering terjaga, yakni kekhawatiran atau paranoia berlebihan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh psikologis Jacob A. Nota tersebut, semakin larut seseorang tidur di malam hari, maka lebih berpotensi untuk merasa lebih khawatir sepanjang hari.

Survei yang dilakukan terhadap 100 mahasiswa ini, mempelajari mengenai kebiasaan tidur masing-masing responden. Hasilnya, mahasiswa yang sering bergadang, dari rentang waktu tidur sampai dengan jam lima pagi, mengalami pikiran negatif  yang lebih tinggi, dan sering muncul berulang-ulang kali.

Namun, belum jelas mengenai alasan yang mendasari hubungan antara kebiasaan bergadang dan  peningkatan rasa khawatir. Ini bisa juga karena kualitas tidur yang buruk, kualitas pribadi seseorang, atau kekhawatiran menjadi hal yang membuat seseorang jadi sulit tidur, para peneliti mengatakan hingga sekarang belum menemukan dengan jelas.

Sementara itu, pandangan umum di lingkungan sosial mengatakan, tidur berkualitas dan cukup
dapat mengembalikan stamina dan menstimulasi pikiran agar lebih positif. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba tidur lebih awal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.