Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur Tanpa Bra Tidak Buat Payudara Lebih Besar dan Kencang

Kompas.com - 06/01/2015, 16:12 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber YouBeauty


KOMPAS.com –
Selain tubuh yang langsing, memiliki sepasang payudara yang kencang dan indah adalah dambaan sebagian besar wanita di dunia. Namun, merawat dan menjaga payudara tidak bisa dibilang mudah. Sebab, salah perawatan bisa membuat payudara menjadi kendur, layu, dan keriput.

Salah satu tindakan preventif yang dilakukan oleh wanita dalam mempertahankan kekencangan payudara adalah mengenakan bra yang sesuai ukuran, dan melepaskannya kala waktu tidur. Alasan umum mengapa bra dilepas ini agar payudara bisa “bernapas” dan mitosnya bisa membesarkan ukurannya.  Namun, apakah hal ini sudah benar?

Ternyata, menurut seorang pakar bedah kosmetik, dr Arthur Perry, MD, melepas bra saat tidur tidak membuat payudara lebih besar. Penjelesannya adalah gaya gravitasi tetap terjadi sekalipun dalam posisi sedang tidur. Jadi, jika Anda tak mengenakan payudara justru membuatnya mengendur.

Perry juga menjelaskan bahwa tertidur delapan jam tanpa bra, ini berarti proses penurunan payudara akan berlangsung selama itu pula. Kondisi ini disebut juga dengan istilah ilmiah, ptosis, yaitu berkaitan dengan gaya gravitasi, ukuran, dan waktu.

Jadi, gaya gravitasi ke bawah meregangkan kulit di sekitar payudara. Lalu, seiring usia, sistem pendukung kolagen alami pada kuli turut melemah dan membuatnya sulit untuk kembali kencang.

Kemudian, Perry merilis informasi bahwa payudara berukuran besar memiliki berpotensi mengalami penurunan ketimbang yang berukuran kecil dan sedang. Wanita berpayudara dengan cup A dan B tidak perlu khawatir akan mengalami kekenduruan, tetapi mereka yang berpayudara cup C, D, dan seterusnya harus membiasakan diri tertidur dengan bra supaya payudara tetap kencang dan padat.

Ukuran payudara juga memengaruhi terjadinya ptosis. Semakin besar payudara Anda, entah itu karena keturunan, implan, atau kehamilan, semakin cepat mereka melorot. Perempuan yang payudaranya ber-cup A dan B sih tak perlu terlalu khawatir. Mereka yang cup-nya C dan seterusnyalah yang harus mulai membiasakan diri tidur dengan tetap memakai bra.

Jenis bra yang disarankan untuk dikenakan saat tidur adalah jenis sports bra atau kamisol dengan fitur busa pada bagian dada untuk menompang payudara Anda.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com