Kompas.com - 11/01/2015, 14:26 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf
KOMPAS.com – Selain berat badan, persoalaan lain yang dianggap sangat mengganggu oleh wanita adalah wajah berjerawat. Bagaimana tidak, beberapa jerawat yang muncul di wajah bisa menurunkan kualitas penampilan dan tata rias. Kemudian, tak jarang bekas jerawat di area yang sama pada wajah pun sulit untuk dihilangkan.

Dr Marnie Nussbaum, dermatolog dan instruktur klinis di Weill Cornell Medical College, Amerika Serikat, menjelaskan mengapa jerawat kerap kali selalu muncul pada area tertentu wajah Anda. Menurut Dr Nussbaum, jerawat yang muncul di area yang berbeda terjadi lantaran beragam alasan.

"Misalnya, jerawat yang muncul di dagu bagian bawah dan sepanjang garis rahang biasanya terjadi karena perubahan hormonal. Adapun jerawat pada area T (dahi dan hidung) muncul karena minyak yang berlebih menyumbat pori-pori," ungkap Dr Nussbaum, yang juga merupakan anggota American Academy of Dermatology.

Di samping itu, Dr Nussbaum juga memperingatkan Anda yang sering berbicara dengan menggunakan telepon genggam. Sebab, kebiasaan menelepon ini berarti menempelkan ponsel Anda di satu sisi wajah yang sama selama berkali-kali dan terus-menerus. Ini pun dapat memicu munculnya jerawat.

Jika Anda mulai resah dengan jerawat yang mengganggu penampilan Anda, apa yang sebenarnya harus dilakukan? Dr Nussbaum menyarankan, Anda membersihkan wajah dengan produk pembersih yang khusus dirancang bagi kulit berjerawat dan melakukannya secara rutin untuk memperoleh wajah yang tetap selalu terlihat bersih.

"Produk khusus untuk kulit berjerawat diformulasikan untuk menghilangkan sebum, minyak, dan kotoran dari pori-pori yang sangat membantu bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Pilihlah toner yang mengandung pH seimbang, yang artinya akan menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi bermasalah," jelas Dr Nussbaum.

Selanjutnya, yang tak kalah pentingnya adalah jangan tergoda untuk melakukan "touch up" bedak jika kulit sedang berkeringat atau berminyak. Sebab, ini berarti Anda hanya memindahkan minyak dan kotoran dari kulit ke aplikator bedak. Sebaliknya, gunakan kertas minyak untuk membersihkan minyak dari kulit. Ketika kulit sudah kering dan bebas dari keringat dan minyak, mulailah memulas bedak secara tipis-tipis.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Glamour
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.