Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2015, 14:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour
KOMPAS.com – Selain berat badan, persoalaan lain yang dianggap sangat mengganggu oleh wanita adalah wajah berjerawat. Bagaimana tidak, beberapa jerawat yang muncul di wajah bisa menurunkan kualitas penampilan dan tata rias. Kemudian, tak jarang bekas jerawat di area yang sama pada wajah pun sulit untuk dihilangkan.

Dr Marnie Nussbaum, dermatolog dan instruktur klinis di Weill Cornell Medical College, Amerika Serikat, menjelaskan mengapa jerawat kerap kali selalu muncul pada area tertentu wajah Anda. Menurut Dr Nussbaum, jerawat yang muncul di area yang berbeda terjadi lantaran beragam alasan.

"Misalnya, jerawat yang muncul di dagu bagian bawah dan sepanjang garis rahang biasanya terjadi karena perubahan hormonal. Adapun jerawat pada area T (dahi dan hidung) muncul karena minyak yang berlebih menyumbat pori-pori," ungkap Dr Nussbaum, yang juga merupakan anggota American Academy of Dermatology.

Di samping itu, Dr Nussbaum juga memperingatkan Anda yang sering berbicara dengan menggunakan telepon genggam. Sebab, kebiasaan menelepon ini berarti menempelkan ponsel Anda di satu sisi wajah yang sama selama berkali-kali dan terus-menerus. Ini pun dapat memicu munculnya jerawat.

Jika Anda mulai resah dengan jerawat yang mengganggu penampilan Anda, apa yang sebenarnya harus dilakukan? Dr Nussbaum menyarankan, Anda membersihkan wajah dengan produk pembersih yang khusus dirancang bagi kulit berjerawat dan melakukannya secara rutin untuk memperoleh wajah yang tetap selalu terlihat bersih.

"Produk khusus untuk kulit berjerawat diformulasikan untuk menghilangkan sebum, minyak, dan kotoran dari pori-pori yang sangat membantu bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Pilihlah toner yang mengandung pH seimbang, yang artinya akan menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi bermasalah," jelas Dr Nussbaum.

Selanjutnya, yang tak kalah pentingnya adalah jangan tergoda untuk melakukan "touch up" bedak jika kulit sedang berkeringat atau berminyak. Sebab, ini berarti Anda hanya memindahkan minyak dan kotoran dari kulit ke aplikator bedak. Sebaliknya, gunakan kertas minyak untuk membersihkan minyak dari kulit. Ketika kulit sudah kering dan bebas dari keringat dan minyak, mulailah memulas bedak secara tipis-tipis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com