Kompas.com - 13/01/2015, 12:12 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -
Bagi sebagian orang, kencan pertama memiliki makna yang sangat penting, sebab mereka akan menunjukkan perasaan yang sebenarnya kepada sang kekasih. Oleh karena itu, kencan pertama biasanya dibuat seistimewa mungkin, baik dari pemilihan lokasi hingga suasana saat berdua bersama kekasih. 

Bunga adalah salah satu hal yang paling sering dipilih untuk menjadi pemanis dalam kencan pertama. Akan tetapi, pernahkah Anda terpikir untuk memilih lagu-lagu romantis untuk mengiringi sekaligus membuat suasana semakin hangat saat kencan pertama? Jika belum pernah, baiknya Anda melakukan hal ini mulai dari sekarang. 

Sebuah studi terbaru di Jepang mempelajari hubungan antara musik dengan kencan pertama. Hasilnya, pasangan yang berbincang dengan iringan alunan musik, maka hubungannya cenderung lebih "sukses" ketimbang pasangan yang berbincang tanpa iringan musik apapun. 

Menurut Sumi Shigeno PhD dari Aoyama Gakuin University Tokyo, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi tersebut, musik bekerja dengan mengaktifkan sistem limbik pada otak. Sistem limbik akan menghasilkan emosi dan perasaan yang kemudian membantu Anda lebih cepat membentuk ikatan dengan kekasih. 

"Selain itu, musik juga membuat orang-orang lebih bahagia dan memiliki sikap sosial," imbuh Shigeno. 

Meski belum mengadakan penelitian lebih lanjut, Shigeno mengungkapkan, penting diperhatikan apakah kekasih larut dalam irama dan lagu yang dimainkan. Sehingga, Anda bisa mengetahui sebenarnya jenis musik apa yang disukainya. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda "mengintip" akun media sosialnya. 

"Mulailah mencari tahu lewat media sosial. Menemukan restoran atau bar dimana memainkan jenis musik yang disukainya juga memungkinkan Anda memiliki kesempatan besar untuk memperoleh keberhasilan dalam hubungan dengan dia," ujar Shigeno. 

Studi tersebut menyarankan agar Anda menghindari memilih taman, restoran yang tenang, atau tempat tanpa musik lain sebagai lokasi kencan pertama. Dengan demikian, ada baiknya merencanakan tempat yang tepat sebelum berkencan. Selamat mencoba! 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.