Kompas.com - 17/01/2015, 18:36 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com –  Menyantap hidangan memang sebuah kebiasaan yang jarang terlewatkan. Namun, di tengah kesibukan dan jadwal suami yang tak menentu, masihkah Anda menyempatkan diri untuk makan bersama si buah hati di rumah? Nah, seberapa sering Anda melakukan "ritual" ini? 

Ternyata, makan bersama keluarga sangat penting dan berpengaruh terhadap psikologis buah hati Anda. Penelitian menunjukkan bahwa makan bersama keluarga dapat mengurangi beragam permasalahan pada remaja, seperti gangguan makan hingga depresi. Selain itu, makan malam bersama keluarga juga membuat anak memperoleh nilai rata-rata pelajaran yang lebih baik dan anak lebih memiliki keyakinan terhadap dirinya sendiri. 

Makan bersama keluarga tidak harus dilakukan setiap hari. Anda bisa memilih waktu, apakah sarapan, makan siang, atau makan malam di rumah. Anda bisa juga menciptakan waktu makan bersama setiap akhir pekan. Intinya adalah Anda harus berkomitmen untuk makan bersama keluarga dimana Anda, suami, dan anak-anak duduk bersama menikmati makanan. 

Sambil makan, Anda pun dapat berbincang bersama keluarga. Perbincangan di meja makan bersama keluarga adalah pengalaman berbahasa dan berkomunikasi paling kaya yang dapat Anda berikan bagi buah hati Anda. Kapan lagi Anda bisa duduk bersama dan berbincang tentang beragam hal? Cobalah ajukan pertanyaan sederhana pada anak, seperti "Bagaimana harimu, Nak?" 

Penting bagi Anda untuk tetap menggulirkan percakapan-percakapan positif selama saat makan berlangsung untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman. Jauhkan sejenak topik-topik negatif agar suami maupun anak-anak tidak merasa malas makan bersama Anda. 

Siapa bilang Anda tidak punya waktu untuk makan bersama keluarga? Meskipun Anda dan suami memiliki kesibukan yang padat, begitu pula dengan anak-anak Anda, rutinitas makan bersama tidak memakan banyak waktu. Kalau dihitung-hitung, waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan makanan hingga ritual makan bersama selesai hanya sekitar satu jam. 

Nah, Anda sudah paham pentingnya makan bersama keluarga, bukan? Tidak ada salahnya memulai kebiasaan ini agar ikatan emosional di antara anggota kelurga dapat terjalin semakin erat. Selamat mencoba! 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.