Kompas.com - 19/01/2015, 16:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Ternyata laki-laki dan perempuan memiliki perspektif yang berbeda mengenai definisi perselingkuhan.  Hasil penelitian teranyar mengatakan bahwa lelaki menganggap perselingkuhan ketika telah terjadi hubungan seksual, sedangkan perempuan menganggap perselingkuhan  terjadi ketika terdapa ikatan emosional yang dirasakan oleh pasangannya.

Peneliti di Chapman University, Orange, California, meneliti 64.000 orang dari berbagai latarbelakang usia, pendapatan, pekerjaan, dan sejarah perselingkuhan. Peneliti bertanya apa yang membuat mereka lebih kecewa? Apakah ketika pasangannya melakukan hubungan seksual dengan orang lain, tetapi tak mencintai selingkuhan tersebut? Apakah mereka lebih sakit hati saat pasannya jatuh cinta dengan orang tapi belum terjadi hubungan seksual?

Hasilnya, 54 persen responden pria mengatakan bahwa mereka lebih sakit hati pada perselingkuhan seksual, sedangkan 65  persen responden perempuan menyatakan sakit hati saat pasangannya melakukan perselingkuhan hati, meski ada dan tidaknya hubungan seksual.

Hasil yang dipublikasikan dalm Journal Archieves of Sexual Behaviour mengungkapkan bahwa ketika laki-laki maupun perempuan dihadapkan pada kecemburuan seksual, laki-laki akan menunjukan respon dengan amarah yang sangat tinggi dibandingkan perempuan.

"Pada pria, jika pasangannya melakukan perselingkuhan seksual, dia akan mempertanyakan kejantananya, dan hal tersebut mengancam maskulinitas dalam dirinya sehingga lebih mendorong reaksi negatif, dibanding perselingkuhan emosional,"ujar peneliti.

"Sebaliknya, perempuan lebih diajarkan untuk berpikir relasional dan menjadi pengasuh emosional dalam hubungan. Jika pasangannya melakukan perselingkhuhan dari segi emosional ini akan lebih mengancam dirinya ketimbang perselingkuhan seksual," imbuhnya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.