Kompas.com - 20/01/2015, 11:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com — Memelihara kucing atau anjing ternyata dapat memengaruhi sifat seseorang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, orang yang memelihara kucing cenderung lebih mudah gelisah, sedangkan yang memelihara anjing dideskripsikan sebagai orang yang lebih mudah terbuka kepada orang lain.

Penelitian yang dimuat pada Journal of Applied Animal Welfare Science dilakukan pada lebih dari 1.000 pemilik hewan peliharaan. Lewat penelitian ini, diteliti ciri kepribadian serta gaya pengasuhan dari orang-orang yang diidentifikasikan sebagai "tipe kucing", "tipe anjing", tipe keduanya, atau tidak keduanya. Hasil yang paling mengejutkan adalah ternyata orang yang mengekspresikan kasih sayang berlebih pada hewan peliharaannya dinilai sebagai yang paling teliti dan paling cepat gelisah.

Lewat penelitian lainnya dari Carroll University Winconsin ditemukan bahwa pemelihara kucing memiliki nilai intelegensi lebih tinggi daripada pemelihara anjing. Pemelihara anjing dinilai lebih enerjik dan lebih mudah bersosialisasi daripada pemelihara kucing yang terlalu patuh pada peraturan. Profesor Denise Guatello mengatakan bahwa pemelihara kucing cenderung lebih introver, sensitif, dan berpikiran terbuka daripada pemelihara anjing. Mereka juga lebih lihai saat keluar dari peraturan. Menurut Profesor Guatello, hal ini disebabkan oleh perbedaan tipe lingkungan pemelihara kucing atau anjing yang biasa mereka hadapi.

Adapun pada penelitian Dr Sam Gosling, tahun 2010 di University Texas, diungkapkan bahwa pemelihara anjing cenderung lebih ekstrover, tetapi tak begitu terbuka dengan pengalaman baru. Sedangkan pemelihara kucing lebih cepat gelisah, tetapi cenderung lebih kreatif dan suka bertualang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.