Kompas.com - 24/01/2015, 19:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com - Di masa ketika teknologi berkembang dengan pesat seperti saat ini, komunikasi dapat berjalan dengan mudah. Ragam aplikasi pesan singkat memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, hingga klien. 

Namun, ada anggapan mengirim pesan singkat tak baik bagi kesehatan jiwa maupun fisik Anda. Selain bisa membuat jari tangan Anda mengalami cedera, mata pun bisa menjadi "korban" gara-gara terlalu sering menatap layar ponsel pintar. Selain itu, dikatakan pula bahwa mengirim pesan singkat dapat menimbulkan cedera leher hingga tulang belakang.

Akan tetapi, sebuah studi terbaru melaporkan bahwa sebenarnya kegiatan mengirim pesan singkat bermanfaat bagi kesehatan otak. Studi tersebut menyatakan bahwa mengirim pesan singkat dapat meningkatkan kemampuan bagian otak yang terhubung dengan ibu jari Anda.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Current Biology ini melakukan riset dengan menghubungkan sekelompok orang yang "kecanduan" pesan singkat dengan sebuah alat pendeteksi. Para peneliti memonitor aktivitas di dalam otak para partisipan, yang terjadi di bagian otak yang bernama korteks sensorimotor. Peneliti pun akhirnya menemukan bahwa semakin sering seseorang menggunakan ponsel pintar, maka semakin besarlah stimulasi yang dikirim ke otak. 

Studi tersebut melaporkan pula bahwa korelasi ini paling kuat terjadi di area di dalam otak yang merepresentasikan ibu jari. Studi ini memang boleh dikatakan cukup menarik. Sebab, belakangan banyak studi yang menunjukkan ragam dampak negatif akibat penggunaan ponsel pintar. 

Selain memiliki sederet dampak negatif bagi tubuh, penggunaan ponsel pintar juga membuat seseorang memiliki sikap antisosial. Bagaimana tidak, siapapun yang menggunakan jadi tidak peduli degan lingkungan sekitar lantaran terlalu sibuk dengan ponsel pintarnya. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.