Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2015, 21:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ada anggapan yang mengatakan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi gairah seksual Anda. Namun, ternyata ini hanya mitos. Menurut Roshini Rajapaska MD, asisten profesor kedokteran di New York University School of Medicine, Amerika Serikat, kafein pun dapat meningkatkan gairah bercinta Anda. 

Rajapaska mengungkapkan, kafein memang disebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, yang akhirnya menekan kelenjar adrenal dan mengurangi produksi hormon yang berhubungan dengan gairah seksual. "Kafein dapat meningkatkan kadar gula darah secara langsung bagi penderita diabetes tipe 2, namun ini tak terjadi pada orang yang sehat," ujar Rajapaska.

Dengan demikian, menurut Rajapaksa, kemungkinan besar kafein tidak akan menurunkan libido Anda. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sampel tikus betina menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan motivasi seksual. 

Memang, masih terdapat pendapat yang beragam tentang efek kafein ini, yang diduga bahwa kafein dapat mengganggu gairah bercinta Anda. Menurut Rajapaska, bagi sebagian orang, kafein dapat memicu rasa khawatir yang dapat mengganggu mood, khususnya saat bercinta, jika Anda tak fokus karena Anda khawatir akan hal-hal lain. 

"Tapi di sisi lain, kafein adalah stimulan. Sehingga, kafein dapat memberikan Anda lebih banyak energi untuk bercinta. Jika Anda berpikir kopi dapat mengganggu kenikmatan Anda saat bercinta, cobalah berpikir ulang," sebut Rajapaska. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com