Kompas.com - 07/02/2015, 21:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com - Ada anggapan yang mengatakan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi gairah seksual Anda. Namun, ternyata ini hanya mitos. Menurut Roshini Rajapaska MD, asisten profesor kedokteran di New York University School of Medicine, Amerika Serikat, kafein pun dapat meningkatkan gairah bercinta Anda. 

Rajapaska mengungkapkan, kafein memang disebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, yang akhirnya menekan kelenjar adrenal dan mengurangi produksi hormon yang berhubungan dengan gairah seksual. "Kafein dapat meningkatkan kadar gula darah secara langsung bagi penderita diabetes tipe 2, namun ini tak terjadi pada orang yang sehat," ujar Rajapaska.

Dengan demikian, menurut Rajapaksa, kemungkinan besar kafein tidak akan menurunkan libido Anda. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sampel tikus betina menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan motivasi seksual. 

Memang, masih terdapat pendapat yang beragam tentang efek kafein ini, yang diduga bahwa kafein dapat mengganggu gairah bercinta Anda. Menurut Rajapaska, bagi sebagian orang, kafein dapat memicu rasa khawatir yang dapat mengganggu mood, khususnya saat bercinta, jika Anda tak fokus karena Anda khawatir akan hal-hal lain. 

"Tapi di sisi lain, kafein adalah stimulan. Sehingga, kafein dapat memberikan Anda lebih banyak energi untuk bercinta. Jika Anda berpikir kopi dapat mengganggu kenikmatan Anda saat bercinta, cobalah berpikir ulang," sebut Rajapaska. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.