Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedari Remaja hingga Dewasa, Masalah Kulit Wanita Masih Seputar Jerawat

Kompas.com - 08/02/2015, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com – Perawatan kulit wajah sepatutnya diterapkan secara konsisten dan terus menerus. Pasalnya, kulit merupakan bagian tubuh nan sensitif yang memang memerlukan perawatan khusus sesuai kebutuhan.

Persoalan masalah kulit pada wanita yang paling mengganggu adalah jerawat. Umumnya, masalah ini dialami oleh para remaja perempuan. Sebab, kulit mengalami banyak perubahan berkaitan dengan hormon saat usia masih terbilang remaja. Untuk itu, para remaja disarankan untuk meluangkan waktu demi mencari tahu masalah kulit agar mudah menentukan perawatan yang diperlukan.

Lalu, sebenarnya apa saja permasalahan kulit yang kerap kali dialami oleh para remaja perempuan? Sebenarnya, sederhana saja dan tidak terlalu kompleks. Pasalnya, masalah kulit para remaja tidak pernah jauh-jauh dari jerawat, bintik-bintik hitam, kulit berminyak, serta kulit yang kering.

"Jenis kulit pada remaja umumnya berminyak dan berjerawat. Pada akhirnya dapat pula meninggalkan bekas kehitaman pada wajah,"ujar dermatolog dr R Amanda Sumantri SpKK pada konferensi pers Pond's di Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Untuk menutupi beragam permasalahan kulit tersebut, para remaja putri seringkali menutupinya dengan mengaplikasikan bedak, concealer, atau alas bedak. Lalu, lanjut Amanda, segala upaya tersebut tidaklah tepat. Sebab, mengaplikasikan riasan wajah bisa memperburuk kondisi kulit berminyak dan jerawat karena menutupi pori-pori.

Amanda menyarankan sebaiknya remaja merawat kulitnya sesuai dengan tipe kulit sehingga bebas masalah dan kulit pun menjadi sehat. Selain itu, gunakan pula produk yang mengandung komposisi yang melembabkan kulit sekaligus menyerap minyak.

"Produk khusus remaja itu kembali ke tipe kulitnya, kalau kulitnya berminyak, maka butuh yang menambahkan kelembaban. Pelembab yang based-nya salep tidak boleh dipakai karena kandungan minyaknya banyak. Pakai yang dasarnya lotion, gel, atau krim. Kenali dulu kulitnya seperti apa," jelasnya.

Tidak hanya itu, Amanda juga menekankan pentingnya menggunakan produk tabir surya. Sebab, Indonesia merupakan negara tropis yang diberkahi sinar matahari secara langsung. Jadi, diperlukan produk pelembab yang tepat. "Kalau tidak pakai pelembab, cuci muka juga jarang ya nanti bisa muncul flek hitam," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com