Kompas.com - 10/02/2015, 11:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Banyak masalah yang kerap dialami rambut. Tidak hanya kering, susah diatur, atau rontok, rambut yang berminyak pun menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan. Biasanya, masalah rambut berminyak tak berakhir hanya mengandalkan mencuci rambut. 

Berikut beberapa masalah yang sering menyebabkan rambut jadi berminyak. Dengan mengetahui penyebab rambut berminyak yang dialami, maka solusi tepat pun sangat dibutuhkan.

1. Menggunakan terlalu banyak produk. 
Mudah dipahami jika banyak diantara kita yang mencoba produk perawatan rambut terbaru. Namun sayangnya, menggunakan terlalu banyak produk dalam waktu bersamaan, seperti mousse, spray pengeras, serum, dan sebagainya dapat berdampak buruk bagi akar maupun helai rambut Anda. 

Solusinya, gunakan produk yang dibutuhkan seperlunya. Hindari produk yang berbahan dasar minyak, karena zat inilah yang harus Anda hindari. Silikon juga komponen yang sangat berat bagi rambut, jadi hindarilah produk berbahan dasar minyak tersebut. 

2. Cara mencuci rambut yang salah. 
Mencuci rambut dengan cara mengumpulkan rambut ke atas dan mencuci seluruhnya merupakan cara keramas yang tidak efektif. Akar rambut tidak akan bersih, yang artinya hasil keramas Anda hanya setengah-setengah. 

Lalu bagaimana cara mencuci rambut yang baik? Pertama, mulailah mengeramasi akar rambut, lalu secara perlahan bersihkan seluruh rambut Anda dengan sampo. Langkah ini bertujuan untuk memastikan setiap bagian rambut dicuci dan dibersihkan. 

3. Perhatikan juga unsur kimiawi di dalam tubuh. 
Hormon yang ada di dalam tubuh Anda juga dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebih. Kalau sudah begini, meski Anda sudah menggunakan produk alami dan lembut bagi rambut, minyak akan tetap sulit untuk dihidari. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Solusinya, kunjungilah dokter kulit dan tanyalah tentang produk, suplemen, atau obat yang bisa membantu mengontrol minyak. Jangan pernah membeli produk sembarangan tanpa berkonsultasi sebelumnya dengan dokter. 

4. Terlalu sering menyisir rambut. 
Menyisir rambut sebenarnya mentransfer minyak dari akar rambut menuju seluruh bagian rambut Anda. Jika Anda terlalu sering menyisir rambut, hasilnya adalah rambut akan lebih potensial jadi berminyak. 

Untuk itu, Anda disarankan menyisir rambut satu kali di pagi hari dan hindari menyisirnya sepanjang hari. Jika rambut Anda mudah kusut, fokuslah menyisir pada bagian tengah rambut lalu ke arah bawah. Dengan cara ini, minyak di akar rambut tidak akan mudah berpindah. 

Selamat Mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.