Kompas.com - 15/02/2015, 16:18 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mata mengantuk dan tubuh terasa benar-benar lelah, tetapi mengapa tak juga kunjung tidur? Kondisi ini sering dikeluhkan banyak ibu hamil, terutama dengan usia kandungan yang telah memasuki tahap akhir.

Menurut Survey National Sleep Foundation di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa sekitar 97 persen ibu hamil yang akan memasuki masa persalinan, ditemukan sering terjaga tengah malam.

Tentunya, kondisi tersebut sangat berbahaya, karena ibu hamil memerlukan istirahat yang cukup di malam hari untuk membentuk sistem kekebalan (imun) yang sangat penting. Berikut beberapa cara untuk memudahkan ibu hamil terlelap hingga nyenyak di malam hari:

Kurangi konsumsi kafein
Minum kopi, teh, soda, dan cokelat di sore hari dan menjelang waktu malam, membuat ibu hamil jadi susah tidur. Pada beberapa kasus, banyak ibu hamil yang resah dan penuh kekhawatiran menjelang tidur. Jadi, hindarilah mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein tinggi.

Jangan terlalu banyak minum jelang waktu tidur
Terlalu banyak minum saat mendekati waktu tidur akan membuat ibu hamil bolak-balik buang air kecil di malam hari. Alhasil, tidur pun jadi terganggu dan merusak pola tidur yang disarankan dokter.

Hindari makanan berat dan makanan pedas sebelum tidur
Makanan pedas dan berminyak seperti sayur tomat bisa menyebabkan heartburn dan gangguan pencernaan. Kondisi serupa bisa dialami oleh ibu hamil yang terlalu banyak makan sebelum waktu tidur.

Jika Anda menderita heartburn, maka disarankan untuk mengonsumis makanan dengan porsi sedang dan lakukan jauh sebelum waktu tidur. Idealnya, jika tak ingin tidur terganggu, sebaiknya ibu hamil makan dua hingga tiga jam sebelum waktu tidur.

Kondisi heartburn atau pyrosis merupakan sensasi terbakar yang memancar dari epigastrium  atau ulu hati ke arah belakang dada dan leher yang diakibatkan reflux dari asam lambung. Hal yang bisa dirasakan selain adanya sensasi atau rasa terbakar, juga terdapat rasa tidak enak di dada.

Mengudap sehat sebelum waktu tidur
Jika kehamilan Anda mengalami kondisi morning sickness dan rasa mual di jam-jam tertentu, maka sebaiknya jangan biarkan perut Anda kosong sebelum waktu makan. Sediakanlah kue kering, buah-buahan, dan crackers, di dekat tempat tidur Anda untuk persiapan perut mual di malam hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Pregnancy
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.