Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamie Brewer, Model Penyandang Keterbelakangan Mental di New York Fashion Week

Kompas.com - 15/02/2015, 20:15 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Siapa bilang bahwa karier di ranah mode hanya terbatas untuk pria dan wanita yang terlahir dengan kondisi mental sehat dan normal. Faktanya, pada New York Fashion Week atau Pekan Mode New York yang sekarang tengah berlangsung, hadir Jamie Brewer, aktris yang menyandang kondisi keterbelakangan mental.

Tahun lalu, sebuah merek mode asal New York, Carrie Hammer, merilis sebuah kampanye komersial dengan jargon Role Models Not Runway Models atau dalam bahasa Indonesianya memiliki arti, seorang sosok panutan tidak harus seorang model fashion.

Pada tahun yang sama, Hammer pun mengawali kampanye positif yang bertujuan mendobrak standar kecantikan mustahil di industri fashion, dengan menampilkan Dr Danielle Sheypuk, wanita pertama dalam sejarah dunia mode yang “melenggang” di atas pentas peraga menggunakan kursi roda.

Tahun ini, Hammer kembali menampilan model istimewa. Pilihannya jatuh pada Jamie Brewer, aktris film televisi American Horror Story yang menyandang keterbelakangan mental. Penampilan Brewer mencetak sejarah teranyar pada pergelaran pekan mode sebagai model wanita pertama penyandang keterbelakangan mental yang berjalan di atas perantas peraga, memamerkan koleksi terbaru Carrie Hammer.

Brewer yang berusia 30 tahun, tampak begitu percaya diri mengenakan gaun hitam dengan gaya rok A-line dan aksesori ikat pinggang yang membentuk siluet tubuhnya menjadi tampak memesona. Pilihan busana ini, menurut Hammer, terinspirasi dari karakter yang diperankan oleh Brewer dalam film seri horor tersebut.

American Horror Story adalah tayangan film yang menakutkan, bernuansa gelap. Jadi, kami memutuskan untuk menampilkan sosok Brewer dengan busana warna hitam. Brewer memiliki lingkar pinggang yang kecil dan tubuh berisi, sehingga jenis gaun dengan rok A-line akan menyempurnakan figurnya,” jelas sang perancang.

Kehadiran Brewer dalam pergelaran busana Carrie Hammer dinilai sejumlah media sebagai aksi inspiratif. Semoga di waktu mendatang, banyak perancang yang mengikuti jejak positif Hammer dalam menampilkan kecantikan wanita dengan keragaman yang sesungguhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com