Kompas.com - 18/02/2015, 21:00 WIB
Illustration SHUTTERSTOCKIllustration
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com - Bercinta dengan suami memang menjadi rutinitas yang menentukan kebahagiaan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Akan tetapi, apakah bercinta masih menyenangkan dan penuh gairah apabila rasa nyeri kerap kali hadir? 

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan pada Journal of Sexual Medicine, sekitar 30 persen wanita dan 7 persen pria mengaku merasakan nyeri saat melakukan aktivitas seks vaginal. Rasa nyeri lebih umum terjadi pada aktivitas seks anal, yakni 72 persen wanita dan 15 persen pria mengaku merasakan nyeri. 

Di antara para responden pria yang mengaku merasakan nyeri, penis adalah masalah utama yang sering dikeluhkan. Rasa nyeri pada alat kelamin dan nyeri umum di area abdominal memang diyakini oleh para ahli sangat umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Untungnya, rasa nyeri biasanya hanya terjadi kurang lebih selama lima menit.

Sebenarnya, yang membuat rasa nyeri timbul saat bercinta adalah gesekan dan kondisi alat reproduksi yang kering. Studi tersebut menunjukkan bahwa biasanya para pasangan mengatasinya dengan mengubah posisi bercinta, mengaplikasikan pelumas, atau memutuskan menghentikan "permainan" jika rasa nyeri semakin menjalar.

Namun, banyak pria maupun wanita memutuskan untuk menyembunyikan rasa nyeri yang dirasakannya. Menurut para peneliti, karena bercinta seharusnya terasa sangat menyenangkan, maka ada baiknya Anda berkata jujur pada pasangan ketika Anda merasakan nyeri saat bercinta. Kehidupan seks Anda akan lebih baik bila Anda dan pasangan sama-sama jujur dengan kondisi masing-masing. 

"Para pria harus menanyakan pada pasangan tentang bagaimana seks menurut mereka. Tidak hanya selama bercinta, namun juga ketika keduanya merasakan kenikmatan, bahkan ketika bercinta terasa nyeri dan menyakitkan," ujar Debby Herbenick PhD, peneliti dari Indiana University, Amerika Serikat. 

Herbenick menyarankan Anda dan pasangan membicarakan masalah ini di luar tempat tidur. Jangan sungkan pula untuk mengatakan apa yang membuat Anda merasakan nyeri, misalnya posisi bercinta tertentu. Sebab, lanjut Herbenick, meski terasa nikmat, beberapa posisi bercinta juga menyebabkan nyeri. "Anda bisa mengatakan apa yang sebenarnya Anda inginkan atau apa yang membuat Anda merasa tidak nyaman," ungkapnya. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.